Rabu, 28 Agu 2019 12:27 WIB

Bangladesh Tidak Lagi Pakai Status 'Perawan' di Formulir Nikah

Firdaus Anwar - detikHealth
Kata perawan tidak lagi dipakai di formulir nikah negara Bangladesh. (Foto: Thinkstock) Kata perawan tidak lagi dipakai di formulir nikah negara Bangladesh. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Status "perawan" di formulir nikah negara Bangladesh resmi akan diganti jadi "belum menikah". Hal ini menyusul tuntutan dari kelompok hak asasi wanita yang menyebut kata "perawan" pada formulir nikah sebagai hal memalukan dan melanggar privasi wanita.

Dikutip dari BBC, formulir nikah di Bangladesh sebelumnya menuntut wanita untuk mengungkapkan status antara perawan, janda, atau cerai. Sementara itu formulir tidak menuntut pria mengungkapkan hal yang sama.


"Saya sudah sering melakukan pernikahan di Dhaka dan sering ditanya kenapa pria boleh tidak mengungkapkan statusnya sementara wanita harus. Saya selalu bilang pada mereka ini bukan keputusan saya," kata petugas pernikahan Mohammad Ali Akbar Sarker pada Reuters.

"Sekarang sepertinya saya tak akan ditanya hal itu lagi," lanjutnya.

Dengan keputusan dari pengadilan tinggi di Bangladesh kini kata perawan dihilangkan dan pria juga diwajibkan untuk mengungkapkan statusnya. Diperkirakan perubahan ini akan segera berlaku beberapa bulan ke depan setelah putusan penuh pengadilan resmi diterbitkan.

"Ini adalah keputusan monumental," kata Aynun Nahar Siddiqua, salah satu pengacara yang terlibat.



Simak Video "Begini Atasi Pertanyaan "Kapan Nikah?" "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)