Kamis, 29 Agu 2019 09:12 WIB

Ampuhkah Pakai Sandal Refleksiologi? Ini Manfaatnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sandal refleksiologi. Foto: Getty Images
Jakarta - Beberapa orang tertarik memakai sandal yang tidak rata dengan banyak tonjolan membuat kaki serasa ditusuk-tusuk. Sandal tersebut disebut sandal refleksiologi, layaknya refleksiologi akupresur yang diklaim bisa mengatasi berbagai macam penyakit.

Seperti yang pernah diberitakan detikHealth, dokter spesialis saraf, dr Andreas Harry, SpS(K) mengatakan bahwa titik-titik refleksiologi memang terletak di tangan serta kaki dan memang betul bahwa refleksologi ini bisa menghilangkan nyeri karena sakit gigi, nyeri dada atau nyeri lambung.

Namun secara patofisiologi belum bisa dijelaskan kenapa cara ini bisa menyembuhkan nyeri tersebut. Patofisiologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang gangguan fungsi pada organisme yang sakit meliputi asal penyakit, awal perjalanan dari penyakit dan akibat yang ditimbulkannya.

"Hal yang harus dipahami adalah refleksologi ini hanya bisa menyembuhkan gejalanya saja (simpotamik), tapi untuk penyebab penyakit atau penyakit yang mendasarinya tidak bisa dihilangkan dengan refleksologi," ujarnya.



Meskipun tidak menyembuhkan beberapa penyakit, sandal refleksiologi ini masih memiliki manfaat lho. Berikut manfaatnya dikutip dari Times of India.

1. Membuat tidur lebih nyenyak

Berjalan dengan sandal refleksiologi ini dapat meringankan rasa sakit di kaki dan dapat menyebabkan tidur jadi lebih nyenyak. Sandal ini menargetkan ujung saraf, sehingga membuat sirkulasi darah yang lebih baik dan saraf yang rileks.

2. Mengurangi stres

Ujung saraf dihubungkan dengan berbagai organ terletak tepat di bawah kaki. Saat memakai sandal refleksiologi ini, area tengan jari kaki juga akan terkena tekanan dari sandal tersebut, di mana itu berkaitan dengan kesehatan mental dan emosional. Menargetkan area-area ini dengan sandal refleksiologi dapat meringankan gejala depresi.

3. Mengurangi rasa sakit

Berjalan memakai sandal refleksiologi ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dialami tubuh, seperti nyeri pergelangan kaki, nyeri leher, sakit kepala, atau sakit punggung. Setidaknya berjalanlah dengan sandal ini sekitar 30 menit setiap hari.

4. Meringankan gejala PMS

Bagi wanita, memakai sandal refleksiologi ini memiliki nilai plus, yakni dapat meringankan gejala premenstrual syndrome atau PMS. Misalnya depresi, nyeri pinggang, atau sakit kepala.



Simak Video "Teknik Stimulasi Pijat Wajah hingga Perut Bayi yang Benar dari Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)