Kamis, 29 Agu 2019 23:00 WIB

Ditanam di Selangkangan, Tangan Pria yang Putus Berhasil Disambung Kembali

Firdaus Anwar - detikHealth
Tangan pria yang disambung dengan jaringan selangkangan. (Foto: BBC) Tangan pria yang disambung dengan jaringan selangkangan. (Foto: BBC)
Jakarta - Seorang pria dari Inggris bernama Anthony Lelliott dilaporkan mengalami kecelakaan mengerikan yang membuat dokter di St George's Hospital harus melakukan prosedur unik. Anthony datang dengan kondisi tangan kiri putus karena kecelakaan saat menggunakan gergaji listrik.

"Saya hanya bisa ingat masuk lewat pintu gawat darurat dan disambut oleh banyak orang. Tidak terhitung," kata Anthony seperti dikutip dari BBC, Kamis (29/8/2019).


Ahli bedah plastik Roger Adlard yang menangani kasus menyebut kerusakan pada tangan Anthony begitu parah karena mata gergaji yang mengenainya punya ujung melengkung. Untuk menyelamatkannya perlu operasi selama 13 jam karena dokter satu per satu memperbaiki tulang, otot, saraf, pembuluh darah, dan jaringan lain.

Usai operasi pertama dokter kemudian sadar bahwa sebagian telapak tangan Anthony mulai mengalami kematian jaringan dan jari tengahnya masih terlalu rusak untuk diselamatkan.

Akhirnya diambil keputusan untuk sementara menanam tangan Anthony yang masih rusak di area selangkangannya selama dua minggu. Hal ini dilakukan agar kulit selangkangan bisa tumbuh menutupi luka pada tangan.

Prosedur penyambungan kembali dianggap sukses dan kini Anthony menjalani terapi untuk mengembalikan fungsi genggamannya.



Simak Video "Jangan Asal Angkat Korban Kecelakaan, Ini Tekniknya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)