Sabtu, 31 Agu 2019 11:00 WIB

Masih Produktif di Usia 84, Ini Resep Mangku Sitepoe si Dokter '10 Ribu'

Michelle Natasya - detikHealth
Usia yang sudah menginjak 84 tahun tak menghalani Mangku Sitepoe untuk berbakti melayani sesama. (Foto: Rengga Sancaya/detikHealth)
Topik Hangat Dokter Rp 10 Ribu
Jakarta - Tahun ini usianya genap 84 tahun. Meskipun sudah memasuki usia tua, semangat Mangku Sitepoe masih terus berkobar. Ia masih terus aktif mengabdikan diri sebagai dokter sosial dengan bayaran hanya Rp 10 ribu.

Tidak hanya sebagai 'dokter manusia', dokter Mangku juga merupakan dokter hewan. Hal inilah yang menjadi alasan dokter Mangku kerap kali disebut sebagai dokter berprofesi ganda.

Di usia 84 ini dokter Mangku masih berbakti melayani pasiennya selama 5 hari dalam seminggu. Setiap Rabu dan Sabtu, dokter Mangku memberikan pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan Santo Tarsisius di Kebayoran Lama. Sedangkan setiap Kamis, Jumat, dan Minggu gantian ia bertugas di Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan Santo Yohanes Penginjil di Kebayoran Baru. Setiap hari ia menggunakan angkutan umum seperti mikrolet untuk menuju lokasi bertugas.

Saat waktu luang, ia juga masih aktif menulis buku dan opini di media massa. Di tengah kesibukannya, ia juga tidak lupa meluangkan waktu untuk keluarga.

Dokter Mangku berbagi rahasia untuk tetap sehat dan aktif di usianya yang tergolong tua. Menurutnya semua dimulai dari psikis yang positif, olahraga yang teratur, dan konsumsi makanan yang bergizi.

"Harus always smilling. Jadi semua dibawa senang aja, gak punya uang juga senang aja," kata pria kelahiran tanah Sumatera Utara ini sambil tertawa.

Hati dan pikiran yang selalu senang akan mendatangkan kesehatan.Hati dan pikiran yang selalu senang akan mendatangkan kesehatan. Foto: Rengga Sancaya/detikHealth



Rahasia saya yang kedua itu olahraga. Dulu saya lari dan jalan pagi kalau sekarang saya berenang 3 kali semingguMangku Sitepoe - Dokter '10 Ribu'

Dokter Mangku mengaku memiliki riwayat darah tinggi dan kolestrol. Tapi, nampaknya semuanya hilang karena pikiran dan hatinya selalu senang. Menurutnya, pikiran positif juga bisa menyembuhkan.

Selain terus bahagia, dokter juga masih rutin berolahraga. Hingga usianya kini, ia masih aktif berenang seminggu 3 kali.

"Rahasia saya yang kedua itu olahraga. Dulu saya lari dan jalan pagi kalau sekarang saya berenang 3 kali seminggu," ujarnya.

Selalu tersenyum dan menjalani hidup dengan gembira adalah salah satu rahasia sehat Mangku Sitepoe.Selalu tersenyum dan menjalani hidup dengan gembira adalah salah satu rahasia sehat Mangku Sitepoe. Foto: Rengga Sancaya/detikHealth


Asupan makanan juga harus diperhatikan. Roti, yoghurt plain, pisang, jeruk, dan kolang kaling menjadi menu sarapan andalan dokter Mangku untuk memulai hari.

"Makanan ini cukup karena ada asupan karbohidrat, lemak, mineral, protein, vitamin, dan air. Ini semua harus seimbang, makanan sarapan saya ini sudah mencakup semuanya," katanya.

Dokter Mangku juga berpesan untuk menghindari konsumsi micin yang berlebih. Pemeriksaan kesehatan secara rutin juga diperlukan sehingga kalau ada penyakit bisa segera terdeteksi dan terobati.



Simak Video "100 Dokter Indonesia Telah Gugur Akibat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Dokter Rp 10 Ribu