Minggu, 01 Sep 2019 06:30 WIB

Round Up

Kisah Viral Lintah di Hidung Bocah Solo, Berawal dari Renang

Firdaus Anwar - detikHealth
Proses mengeluarkan lintah di hidung (Foto: Foto: dok.pribadi/Puji) Proses mengeluarkan lintah di hidung (Foto: Foto: dok.pribadi/Puji)
Jakarta - Di Facebook viral foto seorang anak dengan hidung tampak berdarah. Dalam keterangan disebut sang anak hampir sebulan tak bisa berhenti mimisan dan setelah diperiksa ternyata penyebabnya ada lintah hidup di hidung.

"Cuma berbagi....agar tidak terjadi kepada semua anak" teman..sahabat..saudara ...sekalian
Anak Q Izan tiap hari mimisan...selama hampir satu bulan ini....sudah aq periksakan k dokter...jawabanya...katanya kecapekan..dan panas dalam..dan sdh d kasih obat....terakhir tadi malam...jam set 12 malam..mimisan dan setelah d bersihkan istri saya masih ada kotoran menyerupai..agar"...ketika mau d bersihkan istri saya...kotoran itu bergerak malah masuk..ke dalam hidung..karena takut..kmudian segera istri saya membawa Dex Izan...ke rumah sakit..ternyata betul ada hewan lintah yg masuk dalam hidung anak saya..dan...alhamdulillah sudah d tangani..tim dokter dr RS Moewardi...sudah bisa dkeluarkan..." tulis akun Facebook Setyo Pe-je Chelsea pada Kamis (29/8/2019).



Pemilik akun, Ardiyatsa Hamizan Eka Putra (39) alias Puji, bercerita kepada detikHealth bahwa foto yang viral memang anaknya sendiri. Ia menduga lintah masuk ketika membawa anak berenang di kolam.

"Saya bulan Agustus itu bermain air dua kali satu di daerah pegunungan satu di kolam renang. Pikir saya waktu maen air ini entah telurnya atau yang masih kecil mungkin masuk ke hidung itu," kata Puji pada detikHealth.

Ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dr Bagas Wicaksono, SpTHT, dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang menyebut kejadian lintah masuk ke hidung memang bukan hal langka. Lintah senang masuk ke rongga tubuh seperti hidung atau telinga karena kondisinya yang lembap dan gelap.



Bila lintah dibiarkan hidup di dalam hidung menurut dr Bagas risikonya terjadi masalah infeksi, radang sinus, hingga anemia. Oleh karena itu secepatnya ke dokter agar lintah bisa diangkat dari hidung menggunakan alat.

"Itu cukup sering terjadi terutama di daerah. Anak main di sawah gak sadar kemasukan lintah karena enggak terasa sakit. Memang enggak terlalu nyeri apalagi, anak-anak tidak bisa membedakan ada sesuatu di dalam hidung atau pilek," kata dr Bagas.

Puji sendiri menyebut anaknya kini sudah beraktivitas seperti biasa. Ia tidak trauma untuk kembali bermain di luar ruangan termasuk berenang hanya mungkin lebih berhati-hati menjaga kebersihan.

"Kalau renang tetap renang cuma lebih waspada aja deh. Refreshing sekedar menghilangkan penat kita suka ke alam," pungkasnya.



Simak Video "Kocak! Gaya Bocah yang Panik saat Tergigit Lintah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)