Senin, 02 Sep 2019 11:36 WIB

Batuk Berdarah Sampai 10 Hari, Ternyata Ada Lintah Hidup di Kerongkongan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi bedah (Foto: thinkstock) Ilustrasi bedah (Foto: thinkstock)
Jakarta - Lintah berukuran kurang lebih 8 cm dikeluarkan dari kerongkongan seorang bocah di Ghouzou, China, yang membuatnya batuk darah. Dipercaya, lintah ini muncul setelah bocah ini minum dari air pegunungan.

Ayahnya, Pan, mengatakan anaknya sering bermain di dekat pegunungan dekat rumahnya saat masa liburan sekolah. Ia telah lama menyadari anaknya batuk darah tetapi ia baru membawanya ke dokter 10 hari kemudian.

Karena dokter daerah tidak bisa menangani kondisi anak tersebut, ia kemudian di rujuk ke rumah sakit Guiyang Maternity and Child Health Care di ibukota provinsi. Dokter yang menanganinya, dr Sun Yongfeng saat itu bisa langsung mengetahui penyebab ketidaknyamanan bocah tersebut saat melakukan bronkoskopi.



"Kita melihat ada organisme berwarna coklat di trakeanya. Masih bergerak dan pikiran pertama kami adalah lintah," katanya dikutip dari Mirror.

Rekaman mengerikan menunjukkan parasit besar menggeliat-geliat di tenggorokan bocah itu, menempati hampir seluruh lebar trakea. Akhirnya mereka menarik lintah keluar. "Binatangnya masih hidup!" kata Dokter Sun.

Dr Sun percaya bahwa anak itu mungkin secara tidak sengaja menelan lintah, yang akhirnya menempel pada trakeanya dan hidup dari darahnya. Bocah itu pulih setelah melakukan prosedur pengeluaran lintah dan tidak diharapkan mengalami efek jangka panjang.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)