Senin, 02 Sep 2019 16:32 WIB

Tabrakan Beruntun di Cipularang, Ini Tips Atasi Trauma Kecelakaan Mobil

Firdaus Anwar - detikHealth
Kecelakaan mobil bisa meninggalkan trauma. (Foto: Dian Firmansyah/CNN Indonesia) Kecelakaan mobil bisa meninggalkan trauma. (Foto: Dian Firmansyah/CNN Indonesia)
Jakarta - Setidaknya dilaporkan ada enam orang tewas dalam kecelakaan maut di Tol Cipularang KM 91. Menurut keterangan penyebab kecelakaan diduga berawal dari truk yang terguling lalu menyerempet kendaraan di belakangnya.

Terkait hal tersebut ahli kejiwaan menyebut kecelakaan mobil bisa meninggalkan trauma psikologis bagi penyintasnya. Disarankan bagi mereka yang mengalami peristiwa traumatis untuk menjalani terapi agar reaksi stres tidak berkepanjangan.

Dikutip dari situs resmi Perhimpunan Dokter Keluarga Amerika Serikat (AAFP) berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk meringankan trauma usai mengalami kecelakaan lalu lintas:


1. Bicara ke orang terdekat

Satu langkah mudah untuk meringankan trauma adalah dengan membicarakannya dengan orang terdekat. Bicarakan detail hal apa saja yang masih terpikirkan dan apa yang kamu rasakan.

2. Olahraga

Sering-sering olahraga. Tujuannya agar kebugaran tubuh terjaga termasuk di dalamnya kestabilan kondisi mental.

Olahraga juga bisa membantu mengalihkan perhatian kamu dari ingatan-ingatan traumatis.

3. Kembali ke rutinitas

Kecelakaan lalu lintas bisa membuat orang-orang jadi membatasi dirinya. Sangat penting agar kamu mencoba untuk kembali beraktivitas seperti biasa meski pada awalnya mungkin awalnya terasa menyeramkan atau tidak nyaman. Hal ini bagian dari usaha pemulihan trauma.

4. Belajar mengemudi defensif

Untuk menambah kepercayaan diri berkendara kamu bisa ikut latihan mengemudi defensif. Hal ini dapat membantu kamu menghindari hal-hal yang mungkin dapat memicu kecelakaan atau cedera di masa depan.

5. Konsultasi ahli

Ketika trauma tidak kunjung reda bahkan masih teringat sampai beberapa bulan usai kecelakaan maka jangan ragu mencari bantuan profesional. Bisa jadi itu tanda gangguan stres pascatrauma yang dapat mengganggu kehidupan.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)