Selasa, 03 Sep 2019 12:20 WIB

Soal Mata Bocah di Bandung Berubah 3 Warna, Ini Kata Dokter

Wisma Putra - detikHealth
Warna mata dan rambut Amel bisa berbeda-berbeda. (Foto: Wisma Putra) Warna mata dan rambut Amel bisa berbeda-berbeda. (Foto: Wisma Putra)
Bandung - Bola mata Amelia Anggraeni, bocah berumur 2,5 tahun asal Kota Bandung, bisa berubah warna menjadi biru, abu dan hitam. Seperti ini pendapat dokter terkait mata Amel.

Dokter Spesialis Mata RS Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung dr Dominica Herlijana mengatakan, yang menentukan warna mata itu pigmen di irisnya.

"Kalau warna mata sebenernya, tergantung warna pigmen di irisnya. Warnanya bagaimana tergantung melanin atau zat pembentukan warna, berapa banyak kadar melanin itu tergantung genetis," katanya via sambungan telepon, Selasa (3/9/2019).

Dina sapaan karib Dominica mengungkapkan, perubahan warna bola mata yang terjadi pada Amel bisa juga terjadi karena faktor turunan. Meskipun ibu bapak Amel tidak bermata biru, bisa saja nenek moyangnya dulu.



"Kakek Nenek Moyangnya kali ada yang bule. Karena beberapa daerah di Indonesia memang ada, kaya di Aceh, Halmahera dan Sulawesi Utara ada beberapa penduduknya bermata biru, ternyata memang dulu disitu banyak yang nikah sama orang Portugis," ungkapnya.

Ia berujar, meski warna bola mata Amel tidak seperti anak sebayanya, Dina mengklaim warna mata itu tidak menjadi masalah.

"Enggak masalah, cuman kadar sel melanosit dia enggak sebanyak orang yang matanya coklat," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada ilmuan yang melakukan penelitian dilakukan di luar negeri (tak menyebutkan nama dan di mana itu), katanya warna iris itu bisa berubah karena makanan yang dimakan.

"Katanya, tapi itu di luar negeri. Tapi tidak makan ini langsung berubah, makan itu langsung berubah kaya bunglon, enggak. Pernah ada percoba orang makan vegetarian terus selama satu tahun, ternyata warna irisnya berubah," jelasnya.

Ia menyebutkan, perubahan bola mata pada Amel bukan kelainan genetis. Hal tersebut, merupakan hal biasa.

"Bukan kelainan, memang secara genetis begitu. Ada radang atau ada trauma bisa berubah, itu iris bukan kornea," sebutnya.

Ia belum pernah menangani pasien berwarna biru, tapi anak albino yang memiliki warna bola mata berwarna hijau.

"Albino gitu, warnanya agak kehijuaan itu karena pigmen sangat rendah jadi enggak bisa coklat," ujarnya.

"Warna mata juga bisa dipengaruhi pembiasan cahaya. Di mata kita kan ada mineralnya, kandungan protein nya, itu mempengaruhi juga. Efek pantulan warna yang keluar," pungkasnya.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)