Selasa, 03 Sep 2019 14:32 WIB

Jangan Didiamkan, Ini Cara Tepat Merawat Luka Gigitan Anjing

Firdaus Anwar - detikHealth
Jenis anjing Belgian Malinois (Foto ilustrasi: ABC News) Jenis anjing Belgian Malinois (Foto ilustrasi: ABC News)
Jakarta - Seorang Asisten Rumah Tangga (ART) di Cipayung, Jakarta Timur, dilaporkan tewas setelah digigit oleh anjing peliharaan jenis Malinois. Anjing diketahui milik presenter Bima Aryo.

Terkait hal tersebut anjing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang mudah dilatih oleh manusia. Namun karena beberapa sebab kadang ada kasus anjing peliharaan tidak disangka menggigit manusia menghasilkan luka, kecacatan, bahkan hingga kematian.

Untuk meminimalisir risiko tersebut penting untuk tahu bagaimana cara yang tepat menghadapi luka gigitan anjing. dr Andi Muhardi yang pernah menjabat sebagai Direktur Pengendalian Penyakit Binatang Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa luka karena gigitan anjing harus segera ditangani.


Hal pertama yang harus diwaspadai adalah risiko tertular rabies.

"Penting mengenal rabies, jika digigit harus ada tindakan cepat seperti dicuci pakai detergen atau sabun selama 10 sampai 15 menit. Karena kalau sudah ada gejala rabies pada manusia maka akan meninggal," kata dr Andi beberapa waktu lalu.

Sesudah luka dibersihkan maka langkah selanjutnya memberikan antiseptik untuk meminimalisir risiko infeksi. Jahitan atau tindakan operasi mungkin juga diperlukan bila luka yang dihasilkan gigitan anjing cukup parah.

Sebagai tindakan pencegahan jangan lupa juga penyuntikan vaksin anti rabies dan serum anti rabies.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)