Jumat, 06 Sep 2019 07:36 WIB

Curi-curi Foto Tanpa Izin dan Kemungkinan Masalah Kejiwaan

Michelle Natasya - detikHealth
Curi-curi foto tanpa izin kadang memang menyebalkan (Foto: iStock) Curi-curi foto tanpa izin kadang memang menyebalkan (Foto: iStock)
Jakarta - Viral di media sosial cuitan seorang perempuan yang kesal akibat dirinya difoto oleh orang tak dikenal. Ia berbagi kekesalannya di Twitter setelah ia memergoki seorang bapak-bapak mengambil foto dirinya dan teman-temannya tanpa izin.

Melihat kejadian ini, psikolog Gracia Ivonika dari Personal Growth mengatakan bahwa terlepas dari latar belakang dan tujuan pelaku melakukan hal tersebut, perilaku itu merupakan hal yang tidak pantas dilakukan. Ketika ditanya mengenai kemungkinan pelaku memiliki indikasi kelainan psikologis, Gracia mengatakan hal ini mungkin saja terjadi.

"Bisa saja. Namun, tidak langsung dapat dipastikan apakah perilaku pelaku ini menunjukkan indikasi kelainan psikologis atau tidak, karena perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.



Ada beberapa hal yang mungkin menjadi latar belakang tindakan pelaku mengambil foto tanpa izin. Seperti iseng, untuk eksis dengan menyebarkan ke orang lain, belajar dari orang yang ia kenal dan melakukan hal serupa, adanya obsesi yang terkait dengan dorongan seksual, atau faktor lainnya.

"Apabila pelaku dengan sengaja menjadikan hal tersebut sebagai objek seksual, maka perlu ditelaah lebih lanjut tujuan dan latar belakang pelaku melakukannya. Serta pola perilaku pelaku termasuk seberapa sering pelaku melakukan tersebut," katanya.

Gracia mengatakan jika mencurigai atau menemukan kejadian serupa, korban dapat menghampiri pelaku, bertanya, dan melakukan konfirmasi dengan tetap mempertimbangkan keamanan dirinya. Segera dapatkan bantuan jika diperlukan. Jika yang dicurigai benar terjadi, maka korban berhak untuk meminta pelaku menghapus fotonya karena merupakan privasi.



Simak Video "Dari Kacamata Psikolog Soal Pedangdut dan DJ Sering Dicap Negatif"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)