Jumat, 06 Sep 2019 08:10 WIB

Struktur Tulang Berbeda, Wanita Lebih Rentan Nyeri Leher Saat Pakai Ponsel

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Nyeri leher karena kecanduan gadget (Foto: iStock) Nyeri leher karena kecanduan gadget (Foto: iStock)
Jakarta - Dampak kecanduan ponsel diketahui bisa menyebabkan nyeri leher dan tulang belakang. Studi terbaru menyebut wanita lebih rentan mengalami dampak tersebut.

Hal ini tak lain disebabkan oleh perbedaan struktur tulang. Wanita dan orang-orang dengan postur lebih pendek cenderung lebih menunduk ketika menatap ponsel, hingga dagunya mendekat ke dada.

Pria, dengan leher yang cenderung lebih panjang karena posturnya lebih tinggi, lebih leluasa menundukkan kepala dengan posisi yang lebih nyaman.

Temuan ini terungkap setelah pada ilmuwan mengambil foto rontgen pria dan wanita saat tengah menggunakan ponsel maupun tablet.



"Menindaklanjuti penelitian ini, kami ingin mengimvestigasi aakah cara menekuk leher saat menggunakan alat elektronik berhubunga dengan nyeri leher dan rahang," kata Dr Claide Tehrune dari University of Arkansas yang melakukan penelitian ini, dikutip dari Dailymail.

Penggunaan ponsel dalam durasi waktu lama, sejak dahulu dikaitkan dengan masalah postur dan tulang belakang. Salah satunya, memicu nyeri leher kearena membuat orang selalu menunduk. Para ahli menyebutnya text neck.



Simak Video "Penjelasan Dokter Soal Viral Masker Pantyliner untuk Lawan Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)