Senin, 09 Sep 2019 10:38 WIB

Gejala Tumor Otak, Salah Satunya Susah Bicara Seperti Ria Irawan

Michelle Natasya - detikHealth
Ria Irawan mengidap tumor otak (Foto: Hanif Hawari/detikHOT) Ria Irawan mengidap tumor otak (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Aktris Ria Irawan kini dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena ada metastasis kanker dalam tubuhnya. Jika dulu ia sempat mengidap kanker kelenjar getah bening dan sempat dinyatakan sembuh, kali ini ada tumor di kepala yang membuat saraf bicaranya terganggu.

"Karena ada tumor didalam kepala,yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan, akhirnya saya harus belajar pelan-pelan berbicara dengan baik," tulis Ria pada akun Instagramnya.

Sulit berbicara juga termasuk salah satu gejala tumor otak, terutama bila tumor tersebut menekan saraf bicara seperti disampaikan Ria. Namun itu bukan satu-satunya gejala yang menandakan ada pertumbuhan tumor di otak.



Dikutip dari Mayo Clinic, berikut beberapa di antaranya:

1. Perubahan pola sakit kepala
2. Sakit kepala secara bertahap menjadi lebih sering dan lebih parah
3. Mual atau muntah yang tidak bisa dijelaskan
4. Masalah penglihatan. Seperti penglihatan kabur atau penglihatan ganda, hilangnya penglihatan tepi
5. Hilangnya gerakan secara bertahap di lengan atau kaki
6. Kurang keseimbangan tubuh
7. Kebingungan dalam urusan sehari-hari
8. Perubahan kepribadian atau perilaku
9. Kejang, terutama pada seseorang yang tidak memiliki riwayat kejang
10. Masalah pendengaran

Tumor otak memungkinkan pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam otak. Jenisnya pun beragam. Ada yang jinak, ada juga yang ganas. Tumor otak dapat dimulai sebagai tumor otak primer yang memang berasal dari otak, atau tumor otak sekunder yaitu berasal dari kanker di bagian tubuh lain yang menyebar atau metastasis ke otak.

Seberapa cepat tumor otak tumbuh dapat sangat bervariasi. Pilihan pengobatan juga bergantung pada jenis, ukuran, serta lokasi tumor otak.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)