Senin, 09 Sep 2019 14:51 WIB

Sindrom Restoran China Disebut di Video Viral Masak Pakai Sebungkus MSG

Firdaus Anwar - detikHealth
Video viral pedagang menumpahkan sebungkus MSG. (Foto: Tangkapan layar Instagram) Video viral pedagang menumpahkan sebungkus MSG. (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Jakarta - Di media sosial viral video seorang pedagang wanita menumpahkan sebungkus monosodium glutamat (MSG) ke masakannya. Netizen memberikan reaksi menyebut hal ini bisa berdampak buruk bagi fungsi otak dan ada juga yang mengaitkan dengan sindrom restoran China.

"Ohhh Syndrome chinese restaurant tuh ini," kata satu pengguna Instagram.


Dikutip dari MedlinePlus sindrom restoran china adalah sebutan lama untuk berbagai masalah kesehatan yang timbul usai mengonsumsi makanan dengan tambahan MSG. Kala itu MSG umum digunakan di berbagai restoran China.

Beberapa gejala yang pernah dilaporkan di antaranya nyeri dada, sakit kepala, nyeri otot, wajah merah, berkeringat, wajah bengkak, dan rasa kebas atau terbakar di sekitar mulut

"Laporan reaksi yang parah terhadap masakan China ini pertama kali muncul tahun 1968. MSG sempat diduga menjadi penyebabnya. Setelah itu banyak studi dilakukan tidak bisa membuktikan kaitan antara MSG dan gejala yang dilaporkan orang-orang," tulis MedlinePlus seperti dikutip Senin (9/9/2019).

Beberapa sumber menyebut kemungkinan sindrom restoran China ini bentuk reaksi alergi.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)