Senin, 09 Sep 2019 17:12 WIB

Marah karena Dipanggil Nenek, Faktor Percaya Diri Mungkin Berpengaruh

Michelle Natasya - detikHealth
Ada banyak faktor yang membuat orang tersinggung ketika dianggap lebih tua dari usia sebenarnya (Foto: viral) Ada banyak faktor yang membuat orang tersinggung ketika dianggap lebih tua dari usia sebenarnya (Foto: viral)
Topik Hangat Ngamuk Dipanggil Nenek
Jakarta - Viral video seorang ibu marah-marah di KRL karena tersinggung dipanggil dengan sebutan nenek oleh penumpang perempuan di sampingnya. Si perempuan menyebut si ibu dengan panggilan nenek. Merasa tersinggung, si ibu langsung marah dan menendang kaki perempuan tersebut.

Beberapa orang bisa menjadi sensitif kalau berurusan dengan umur. Lantas, mengapa ada beberapa orang yang selalu merasa dirinya masih muda ataupun bergaya layaknya masih remaja meskipun usianya sudah tergolong tua?



Menurut Linda Setiawati, M.Psi, seorang psikolog dari Personal Growth, terdapat beberapa alasan yang bisa jadi melatarbelakangi kondisi tersebut. Berikut di antaranya:

1. Mereka tidak mau kalah dengan penurunan fungsi yang memang terjadi secara natural, sehingga mereka berusaha untuk bisa tetap berfungsi dengan baik meski usianya tergolong tua.

2. Terdapat orang tua yang tetap mau bisa beraktivitas seperti biasa. Up to date dengan teknologi, supaya memiliki kehidupan yang lebih sehat, baik fisik maupun mental.

3. Terkhusus untuk perempuan, penggunaan make up juga bisa membantu mereka merasa lebih percaya diri menghadapi perubahan fisik yang dialami dan bisa berdampak pada kepercayaan diri.

Linda mengatakan jika apa yang dilakukan orang tua masih tergolong wajar dan bisa membantu mereka beradaptasi lebih baik dengan banyak perubahan karena penuaan, maka hal tersebut bisa saja dilakukan.



Simak Video "Dari Kacamata Psikolog Soal Pedangdut dan DJ Sering Dicap Negatif"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Ngamuk Dipanggil Nenek