Senin, 09 Sep 2019 17:44 WIB

Viral Emak-emak Dipanggil Nenek, Pria Ini Dipanggil 'Mbak' karena Gondrong

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Sementara emak-emak di KRL ngamuk karena dipanggil nenek, seorang pria dipanggil Mbak karena gondrong (Foto: iStock) Sementara emak-emak di KRL ngamuk karena dipanggil 'nenek', seorang pria dipanggil 'Mbak' karena gondrong (Foto: iStock)
Topik Hangat Ngamuk Dipanggil Nenek
Jakarta - Salah memilih sapaan bisa berakibat fatal, seperti yang viral di media sosial belakangan ini. Seorang ibu marah-marah karena dipanggil nenek di KRL. Ibu yang merasa belum cukup tua untuk dipanggil nenek tersebut sampai menjejakkan kakinya ke penumpang yang salah panggil itu saking marahnya.

Ternyata, insiden salah panggil juga sering terjadi dalam keseharian. Tidak cuma perempuan yang mengalami, pria pun menghadapi masalah yang sama. Dampaknya pun tidak berbeda, sama-sama tersinggung walau kadarnya mungkin berbeda-beda.

"Beberapa kali (dipanggil) 'Pak' tapi lebih formal, kayak misalnya ada event atau customer service. Kalau di mall atau hotel juga," kata Abel Pramudya, mahasiswa semester 5 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong.



Berbeda dari Abel, Billy Dewanda dan Ayrell Fachrezy yang merupakan mahasiswa semester 7 sering mendapat panggilan 'Koh' atau 'Koko' di kampus. Meski berarti kakak laki-laki yang lebih tua atau 'Mas', keduanya mengaku kurang tepat dipanggil 'Koko'.

"Mungkin kultur di kampusnya emang seperti itu. Kadang gue ngomong 'Emang muka jamet (jawa metal) kayak gini cocok ya dipanggil koko?'" terang Billy saat dihubungi detikcom Senin (9/9).


Dalam sebuah video yang viral, seorang ibu marah-marah karena dipanggil 'nenek'.Dalam sebuah video yang viral, seorang ibu marah-marah karena dipanggil 'nenek'. Foto: viral

Hal lucu pernah dialami Ayrell yang punya rambut gondrong. "Lebih kesel lagi pernah dipanggil 'Mbak' sama abang-abang parkir hahaha," katanya.

Ketiganya menganggap salah panggil itu wajar. Entah panggilan mas, koko, atau kakak, semua itu lumrah asalkan panggilan baik yang menunjukkan rasa hormat pada yang lebih tua.

Namun pada peristiwa di video viral, Billy mengatakan ada baiknya menggunakan panggilan yang lebih umum.

"Sarannya mungkin kalau di ruang publik gitu, lebih aman panggil 'Ibu / Bapak' aja sih. Enggak usah manggil sebutan yang justru semakin menunjukkan usia orang," jelasnya.

Menurutmu, salah panggil itu wajar atau tidak sih? Tuliskan pendapatmu di komentar ya.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Ngamuk Dipanggil Nenek