Selasa, 10 Sep 2019 11:31 WIB

Sudah 6 Tahun Raditya Dika Idap Autoimun, Penyakit Apa Sih Itu?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Raditya Dika idap penyakit autoimun sejak enam tahun lalu. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Raditya Dika idap penyakit autoimun sejak enam tahun lalu. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Raditya Dika mengungkapkan kondisi kesehatannya yang ternyata bisa dibilang tidak baik-baik saja. Komika sekaligus Youtuber itu mengidap penyakit autoimun sejak enam tahun lalu.

"Jadi autoimun gue itu lebih ke kulit jadi kering sama timbul ruam kalau gue stres, terus sendi-sendi itu jadi pegal dan tidak dapat dijelaskanlah kalau stres," kata suami dari Anissa Aziza itu dalam channel YouTube Ussy Andhika dilihat, Selasa (10/9/2019).

Tidak sedikit yang kemudian penasaran apa itu penyakit autoimun. Dikutip dari WebMD, penyakit autoimun disebabkan oleh aktivitas sistem imun yang redah atau sebaliknya, sangat aktif. Pada sistem imun yang overaktif, sel-sel tubuh merusak dirinya sendiri. Sedangkan pada kondisi sistem imun melemah, tubuh tak mampu melindungi tubuh dari infeksi.

Pada kondisi normal, sistem imun dapat membedakan sel asing dengan sel tubuh sendiri. Namun pada penyakit autoimun, sistem imun tidak bisa membedakan keduanya. Pada organ yang diserang, misal sendi atau kulit, tubuh melepaskan protein yang disebut autoantibodi yang menyerang sel-sel sehat di organ tersebut.



Dokter keluarga praktisi kedokteran fungsional dr Novi Arifiani MKK Dipl ABRAAM pernah mengatakan bahwa penyakit autoimun punya gambaran klinis yang sama dengan alergi. Reaksi atas penyakit autoimun yang menyerang sistem kekebalan sangat bergantung pada lokasi serangan.

"Hingga saat ini mungkin ada sekitar 150-an jenis penyakit autoimun yang dikenal mulai ujung rambut hingga kaki. Setiap penyakit punya reaksi, pencetus, dan penanganan yang berbeda. Dosis obatnya untuk tiap pasien juga kadang beda," kata dr Novi.

Gangguan pada sistem autoimun tidak bisa sembuh, namun penyakit ini mengenal yang disebut masa remisi. Pada masa ini, pasien bisa berdamai dengan penyakitnya dengan menjalankan pola hidup sehat sambil terus kontrol serta menjalankan pengobatan sesuai saran dokter.

Ada beberapa jenis penyakit autoimun yang telah dikenal secara umum. Di antaranya lupus, diabetes melitus tipe 1, psoriasis, Sindrom Guillain-Barre, atau rematik. Dan masih banyak lagi jenisnya.



Simak Video "Buka Lowongan! Penguji Ganja Profesional Dibayar Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)