Rabu, 11 Sep 2019 17:24 WIB

Sering Lupa Berkedip, Raditya Dika Bermasalah dengan Mata Kering

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Aktor Raditya Dika (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Aktor Raditya Dika (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta - Artis dan juga content creator Raditya Dika mengaku sudah alami mata kering sejak 16 tahun silam. Saat itu dokter mengatakan dia kurang berkedip sempurna.

Saat masih berkuliah di Adelaide, Australia, Radit yang sedang gemar menulis blog mendapati masalah pada kedua matanya akibat sering menggunakan gawai. Dia merasakan gejala mata kering.

"Waktu itu mata jadi berat, sempat perih juga. Datanglah ke klinik dekat apartemen. Terus dia (dokter) bilang gini, 'Kamu ngedipnya kurang maksimal'. Dia bilang ngedipnya itu harus full dan sering. Karena orang kalau ngeliat komputer itu suka lupa ngedip," terang Radit, ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).



Pekerjaan sebagai penulis dan pembuat konten membuat Radit kerap terpapar gawai setiap hari. Bahkan dia bisa menggunakan gawai hingga 15 jam dalam sehari, melebihi penggunaan rata-rata orang Indonesia yakni sekitar 8 jam.

Untuk menyiasatinya, Radit mengikuti saran dokter yaitu tak lupa untuk mengedip sempurna saat bekerja di depan gawai. Tak hanya itu, ia juga kerap menggunakan obat tetes mata agar tak kering.



Simak Video "Yuk! Kenali Gejala dan Cara Mencegah Mata Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)