Rabu, 11 Sep 2019 19:29 WIB

BJ Habibie Meninggal dengan Riwayat Gagal Jantung, Kenali Faktor Risikonya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
BJ Habibie meninggal dengan riwayat sakit jantung (Foto: dok. detikcom) BJ Habibie meninggal dengan riwayat sakit jantung (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Putra BJ Habibie, Thareq Khemal Habibie, menyampaikan pernyataan soal meninggalnya sang ayah. Dikatakan, jantung Habibie menyerah karena faktor usia.

"Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memang kemarin kan saya katakan, bahwa gagal jantung, yang mengakibatkan, karena penuaaan itu karena memang orang menjadi tua. Organ-organ itu melemah menjadi tidak kuat lagi," kata Thareq.

"Maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah," lanjutnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, gagal jantung terjadi ketika jantung tidak memompa darah sebagaimana seharusnya. Berbagai kondisi seperti penyempitan pembuluh arteri di jantung maupun tekanan darah tinggi, secara bertahap membuat jantung terlalu kaku dan lemah untuk memompa.

Usia lanjut merupakan salah satu faktor risikonya. Mayoritas orang yang meninggal karena penyakit jantung berusia 65 tahun ke atas. Namun gagal jantung juga bisa dialami pada usia yang lebih muda bila ada faktor risiko lainnya.



Beberapa faktor risiko gagal jantung adalah sebagai berikut.

1. Tekanan darah tinggi
Jantung bekerja lebih keras ketika tekanan darah lebih tinggi dari normal.

2. Penyakit jantung koroner
Adanya penyempitan arteri bisa membatasi suplai darah dan oksigen ke jantung, berdampak pada otot jantung yang melemah.

3. Serangan jantung
Merupakan salah satu bentuk penyakit jantung yang terjadi secara mendadak. Kerusakan otot jantung yang disebabkannya bisa membuat fungsi jantung menurun.

4. Diabetes
Diabetes memberikan dampak yang luas pada berbagai sistem organ, termasuk jantung dan pembuluh darah.

5. Efek obat
Beberapa jenis obat bisa memberikan efek pada fungsi jantung. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker bila ada masalah dengan pemakaian obat tertentu.



Simak Video "Kisah Pria yang Hampir Tewas 9 Kali karena Idap Kondisi Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(up/wdw)