Kamis, 12 Sep 2019 11:15 WIB

Mengenang BJ Habibie Saat Resmikan Gedung RS Khusus Ginjal di Bandung

Widiya Wiyanti - detikHealth
BJ Habibie meresmikan RS Khusus Ginjal RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Kota Bandung, Senin 8 Agustus 2016. Foto: Avitia Nurmatari/detikcom BJ Habibie meresmikan RS Khusus Ginjal RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Kota Bandung, Senin 8 Agustus 2016. Foto: Avitia Nurmatari/detikcom
Jakarta - Bukan hanya di bidang teknologi, semasa hidupnya Almarhum BJ Habibie juga meninggalkan kenangan dengan Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) di Bandung. RS itu diberi nama ibundanya 'RA Habibie', tepatnya di Jalan Tubagus Ismail, Bandung.

RSKG RA Habibie merupakan cita-cita dari ibunda Habibie yang kemudian diteruskan oleh adik kandungnya, Sri Redjeki Soedarsono. Yang istimewa dari rumah sakit ini adalah siap memberi pelayanan bagi warga kurang mampu.

"Kalau memang tidak mampu membiayai perawatannya, bisa dapat dengan cuma-cuma. Itu persyaratan dari ibu saya, memprioritaskan yang tidak mampu. Kalau memang kemari tidak punya apa-apa dan memang harus diperiksa tidak ada masalah," ucap Habibie kala peresmian RS Khusus Ginjal RA Habibie, Senin (8/8/2016).

Habibie berharap keberadaan rumah sakit tersebut bisa membantu semua orang untuk sembuh dari penyakit ginjal, sehingga bisa lebih produktif lagi dalam hidupnya. RSKG RA Habibie ini pun mempelopori pelayanan hemodialisa dan terus konsisten dalam mengembangkan layanannya.

Kalau memang tidak mampu membiayai perawatannya, bisa dapat dengan cuma-cuma. Itu persyaratan dari ibu saya, memprioritaskan yang tidak mampu. BJ Habibie - Presiden ketiga RI





















BJ Habibie tampil menawan dengan kemeja lurik saat peresmian RS Khusus Ginjal RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Senin (8/8/2016). BJ Habibie tampil menawan dengan kemeja lurik saat peresmian RS Khusus Ginjal RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Senin (8/8/2016). Foto: Avitia Nurmatari/detikcom


Semasa hidup, Habibie juga memiliki masalah dengan ginjalnya. Dalam sebuah video yang diambil pada Juli 2019, Presiden RI ke-3 ini menyebut bahwa masalah pada ginjalnya berkaitan dengan obat untuk masalah pada jantungnya.

"Obat untuk menyehatkan ginjal menjadi racun untuk jantung. Obat untuk menyehatkan jantung, racun untuk ginjal," katanya.

Masalah jantung yang diidapnya pun disebut anak bungsunya, Thareq Kemal Habibie sudah dialami sejak usia Habibie masih muda. Pada 2018, Habibie juga menjalani perawatan di Jerman terkait kebocoran klep jantung.

Pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB, jantung Habibie pun menyerah. Habibie meninggal di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto di usianya 83 tahun dan disebut karena mengalami gagal jantung.

Terimakasih atas segala jasamu, BJ Habibie.



Simak Video "Fakta-fakta Seputar Batu Ginjal yang Diidap Dorce Gamalama"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)