Kamis, 12 Sep 2019 11:48 WIB

Tips Menua dengan Pikiran dan Tubuh Sehat Seperti Eyang Habibie

Michelle Natasya - detikHealth
Semasa hidup, BJ Habibie selalu hadir dengan semangat positif (Foto: dok. detikcom) Semasa hidup, BJ Habibie selalu hadir dengan semangat positif (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - BJ Habibie, Presiden ketiga RI meninggal di usianya yang ke 83 tahun. Semasa hidupnya, Eyang Habibie panggilan akrabnya, dikenal sebagai sosok yang selalu menebarkan energi positif, cerdas, dan menginspirasi.

Eyang Habibie terkenal sangat produktif di masa hidupnya meski usianya semakin tua. Banyak orang yang seringkali dibuat penasaran dengan rahasia gaya hidup sehatnya. Baik pikiran maupun tubuh Eyang Habibie selalu tampak positif meski melalui proses penuaan.



Dikutip dari WebMD, berikut beberapa tips healthy aging yaitu menua dengan pikiran dan tubuh yang tetap sehat seperti Eyang Habibie:

1. Konsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Kurangi konsumsi daging berlemak, mentega, gula, garam, dan makanan kemasan. Banyak penelitian menemukan bahwa diet ini dapat membantu anda hidup lebih lama dan melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, Parkinson, dan Alzheimer.

2. Tetap terhubung. Kesepian dapat berbahaya bagi kesehatan. Jika anda merasa kesepian, lebih mungkin untuk terkena demensia atau depresi. Para peneliti menemukan bahwa orang yang kesepian memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan yang terkait dengan artritis dan diabetes.

3. Berhenti merokok. Rokok membunuh karena merusak hampir semua organ dalam tubuh. Rokok dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker paru-paru, penyakit gusi, dan banyak masalah kesehatan lainnya. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Tubuh mulai sembuh dalam 20 menit setelah konsumsi rokok terakhir. Peluang anda terkena serangan jantung dapat berkurang.



4. Tetap optimis. Ketika pikiran dan sikap selalu optimis dan bersyukur, pikiran dan tubuh akan merespons dengan baik. Orang dengan pandangan positif dapat hidup lebih lama dan memiliki lebih sedikit risiko terkena serangan jantung serta depresi.

5. Jaga waktu tidur. Insomnia umum terjadi pada orang tua. Cobalah untuk bangun dan tidur sesuai jadwal setiap hari. Hal ini dapat membantu menjaga jam tidur dan tubuh tetap sinkron.

6. Tetap aktif secara fisik. Olahraga teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar. Olahraga dapat menjaga sel-sel otak tetap sehat dengan memberikan lebih banyak darah dan oksigen. Anda bisa mencoba olahraga berenang, berjalan kaki, atau tai chi.



Simak Video "Hindari Penuaan Dini, Kurangi Makanan dan Minuman Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)