Jumat, 13 Sep 2019 09:25 WIB

Pakai Krim Kulit Mengandung Merkuri, Wanita Ini Jatuh Koma

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang wanita jatuh koma setelah memakai krim kulit antikeriput mengandung merkuri. Foto ilustrasi: iStock Seorang wanita jatuh koma setelah memakai krim kulit antikeriput mengandung merkuri. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Seorang wanita 47 tahun di California, Amerika Serikat (AS), jatuh koma setelah menggunakan krim antikeriput yang dijual kenalannya. Setelah diselidiki ternyata krim tersebut mengandung zat berbahaya metil merkuri.

Dilaporkan Live Science, sang wanita membeli krim antikeriput lewat jalur yang tidak resmi. Diketahui metil merkuri sengaja atau tidak sengaja ditambahkan oleh pihak ketiga, bukan dari pabrik yang membuat produk.


Penggunaan merkuri di produk kosmetik sempat populer karena efeknya bisa menghambat produksi melanin sehingga bisa memutihkan kulit. Namun demikian penggunaan merkuri sudah dilarang secara luas karena bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Dalam kasus sang wanita, pada Juli lalu ia sempat mencari pertolongan medis karena mengalami kesulitan bicara, mati rasa di tangan dan wajah, serta sulit berjalan.

Dari sejak dirawat kondisi kesehatan sang wanita terus menurun hingga akhirnya jatuh koma.

"Dinas Kesehatan Sacramento menyarankan publik agar segera berhenti menggunakan krim serupa yang diimpor dari Meksiko karena ada risiko kontaminasi metil merkuri. Zat tersebut sangat berbahaya bagi orang dewasa dan anak-anak," komentar petugas kesehatan setempat dr Olivia Kasirye.



Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)