Minggu, 15 Sep 2019 15:31 WIB

Berpenutup Mata, Ini Maksud Tekanan Mata Thareq Habibie Capai 25

Rosmha Widiyani - detikHealth
Thareq Kemal Habibie, putra bungsu mendiang B.J Habibie. (Foto: Antara Foto) Thareq Kemal Habibie, putra bungsu mendiang B.J Habibie. (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Thareq Habibie yang menarik perhatian publik dengan penutup mata, akhirnya menjelaskan gangguan penglihatan yang dialami. Thareq mengalami diabetes yang mengakibatkan matanya terkena glaukoma yaitu peningkatan tekanan dalam bola mata.

"Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma. Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Kalau tekanannya membesar, ini mata kiri saya masih bagus, tekanannya kira-kira 13. Mata sini udah 25," kata Thareq dikutip dari detikcom.


Tekanan dalam bola mata terkait dengan aliran cairan dalam bola mata yang biasa disebut aqueous humour. Terhambatnya aliran cairan mengakibatkan penimbunan dan tekanan tinggi dalam bola mata, yang jika dibiarkan bisa merusak fungsi penglihatan.

"Glaukoma umumnya ditandai dengan tekanan bola mata lebih dari 21 mmHg. Tekanan mata tentu tak boleh tinggi. Bila dibiarkan akan menyebabkan kerusakan sel ganglion retina," kata dr Gitalisa Andayani, SpM(K), dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

Menurut dr Gitalisa, peningkatan tekanan memang bisa mengakibatkan kebutaan. Namun risiko tersebut bisa diantisipasi dengan pengendalian secepatnya, sehingga tak perlu berakhir dengan hilangnya kemampuan melihat.



Simak Video "Kisah Inspiratif Pemuda Tunanetra Jadi Peselancar Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)