Minggu, 15 Sep 2019 17:00 WIB

Thareq Habibie Jelaskan Penutup Mata, Retinanya Rusak Karena Diabetes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Penutup mata Thareq Kemal Habibie menarik perhatian masyarakat umum. (Foto: Antara Foto) Penutup mata Thareq Kemal Habibie menarik perhatian masyarakat umum. (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Penutup mata yang dikenakan Thareq Kemal Habibie menarik perhatian masyarakat umum. Thareq menjelaskan, dia menggunakan penutup karena kerusakan mata yang dialami sejak 3,5 tahun lalu.

"Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma. Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Akibat tekanan yang tinggi itu, di bagian belakang cahaya akan masuk, itu namanya retina ya. Retina itu karena kegencet jadi sel-selnya hancur. 100 persen udah hancur," kata Thareq dikutip dari detikcom.


Kondisi gangguan retina akibat diabetes bukan hal baru dalam dunia medis. Kondisi ini kerap disebut retinopati diabetik yang bila dibiarkan bisa menurunkan daya penglihatan.

"Gangguan retina akibat diabetes atau retinopati diabetik bisa menyebabkan gangguan mata berat. Bisa juga menyebabkan kebutaan, salah satunya akibat glaukoma neovaskular," kata dokter spesialis mata dr Gitalisa Andayani, SpM(K), dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

Kondisi glaukoma sendiri ditandai dengan tekanan dalam bola mata yang mencapai lebih dari 21 mmHg. Tekanan dalam bola mata jangan sampai terlalu tinggi dan ditangani secepatnya, untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kebutaan.



Simak Video "Kisah Inspiratif Pemuda Tunanetra Jadi Peselancar Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)