Minggu, 15 Sep 2019 17:57 WIB

Kualitas Udara di Riau Capai Level Berbahaya, Hampir 10 Ribu Warga Terserang ISPA

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kualitas udara di Pekanbaru, Riau sudah mencapai level berbahaya. (Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro) Kualitas udara di Pekanbaru, Riau sudah mencapai level berbahaya. (Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Jakarta - Kualitas udara di Pekanbaru, Riau sudah mencapai level berbahaya. Data dari BMKG pada 13 September lalu, tingkat pencemaran udara berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) mencapai 353.

Akibat hal tersebut, warga berpotensi terkena penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Dinas Kesehatan Riau mencatat terjadi peningkatan kunjungan ke fasilitas kesehatan dengan kasus ISPA sebanyak 9.931 orang.


Untuk menanggulangi hal tersebut, Dinas Kesehatan setempat menginstruksikan puskesmas dan rumah sakit untuk buka 24 jam. "Masyarakat yang terdampak dengan karhutla wajib rumah sakit tangani tanpa memungut biaya satu rupiah pun juga," tegas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, pada rilis yang diterima detikcom.

Buruknya kualitas udara di Riau dan daerah sekitarnya diakibatkan kebakaran hutan dan lahan yang sudah berlangsung selama beberapa hari berturut-turut. Warga yang ingin beraktivitas di luar ruangan dihimbau memakai masker dan menggunakan kacamata untuk menghindari iritasi mata.

"Jika harus keluar ruangan harus pakai masker. Dan untuk menghindari iritasi mata, gunakan kacamata. Cegah iritasi kulit pakai baju lengan panjang," pungkas Mimi.



Simak Video "Ngobs Kuy! Duka Kabut Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)