Senin, 16 Sep 2019 13:00 WIB

Pasutri Relawan Inkubator di Bogor Juga Pinjamkan Kursi Roda Gratis

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Tolib mendapat pinjaman kursi roda. Foto: Adelia Putri/detikHealth Tolib mendapat pinjaman kursi roda. Foto: Adelia Putri/detikHealth
Jakarta - Sore itu mobil yang dikendarai Lukas Lugi Riyadi (47) dan istrinya, Bonaventura Zita Enny Wati (52) berguncang melewati jalan di antara sawah. Mobil kemudian berkelok masuk ke jalan kampung dan berhenti di halaman sekolah dasar. Di sisi seberang tak jauh dari situ, Tolib (29) menyambut Lugi dan Enny di depan rumahnya.

Maksud kedatangan Lugi dan Enny tak lain adalah ingin meminjamkan sebuah kursi roda pada Tolib, seorang penyandang disabilitas. Tolib tinggal bersama ibunya di sebuah rumah sederhana yang terletak di Desa Sukajaya, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

Sewaktu berumur sekitar 6 tahun, Tolib terjatuh saat bermain dan tulang pahanya patah. Keluarganya saat itu hanya membawanya ke tukang urut.

"Belajar jalan pakai tongkat tapi jatuh lagi, patah lagi, tangan juga. Sampai sekarang enggak belajar lagi," tutur Tolib kepada detikcom, Jumat (13/9/2019).



Tolib mendapatkan pinjaman kursi roda.Tolib mendapatkan pinjaman kursi roda. Foto: Adelia Putri/detikHealth


Alhasil dia tak bisa berjalan sampai sekarang. Penghasilannya dan penghasilan sang ibu sebagai pembuat tusuk sate tak mampu membelikannya kursi roda. Sehari-hari Tolib diam di rumah. Hanya ketika berobat saja ia pergi keluar rumah diantar keponakannya.

Enny dan lugi mendapat permintaan kursi roda untuk Tolib dari Omin yang merupakan pekerja sosial masyarakat untuk daerah Desa Sukajaya. Dia yang mengusulkan sekaligus bertanggung jawab atas kursi roda yang dipinjamkan dari Yayasan Roda Harapan Indonesia.

"Saya ngucapin terima kasih sama bapak-bapak ini semuanya. Ya enggak bisa ngucapin juga sih, Mbak. Kalau mau beli, enggak bakalan bisa kebeli ini," kata Tolib yang sebelumnya sudah menunggu sekitar 3 minggu atas kursi rodanya.

Turut hadir pula Ketua RT 03 Desa Sukajaya Apoy Kurniawan. Dia juga menyampaikan banyak terima kasih dan berharap kursi roda bisa membantu pekerjaan Tolib di rumah.

Tolib bukanlah satu-satunya pasien yang Lugi dan Enny berikan bantuan pinjaman berupa kursi roda. Pasutri tersebut sudah biasa berkeliling Bogor untuk mengantarkan inkubator, kursi roda, dan alat kesehatan lainnya.



Simak Video "Kisah Pasangan Suami-Istri Abdikan Hidup Jadi Relawan Inkubator"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)