Senin, 16 Sep 2019 15:13 WIB

Viral Pantyliner Dipakai Jadi Masker untuk Lawan Kabut Asap

Firdaus Anwar - detikHealth
Beredar imbauan viral menggunakan pantyliner sebagai masker . (Foto: Tangkapan layar Facebook) Beredar imbauan viral menggunakan pantyliner sebagai masker . (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Masalah kabut asap yang melanda beberapa daerah Indonesia semakin parah. Terkait hal tersebut di media sosial muncul imbauan menggunakan pantyliner sebagai masker kesehatan.

Satu unggahan di Twitter oleh akun @khairul_hafidz contohnya ramai dikomentari netizen mengundang 526 like dan 1,3 ribu retweet. Ia mengaku mendapat informasi ada yang menyarankan menempelkan pantyliner di masker untuk melawan kabut asap.


"Jangan percaya kalau ada yang suruh buat macam ni. Panty liner letaknya di bawah bukan di mask," tulis @khairul_hafidz yang dalam keterangan akunnya menyebut ia seorang dokter.

Masalah polusi udara akibat kabut asap sendiri memang tidak bisa dianggap remeh. Dilaporkan ada bayi berusia 4 bulan asal Banyuasin, Sumatera Selatan, meninggal karena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) akibat paparan asap.

Menurut ahli paru-paru dr Frans Abednego Barus, SpP, dari Omni Hospital Pulomas dengan tingkat keparahan polusi yang terjadi saat ini masker tidak bisa terlalu membantu mencegah dampak negatif kabut asap. Warga lebih baik membatasi diri keluar ruangan.

"Berdoa ini cepat selesai hindari keluar rumah. Sangat berbahaya bagi kesehatan. (Asap) terlalu pekat masker dokter yang kertas useless," kata dr Frans pada detikcom.



Simak Video "Penjelasan Dokter Soal Viral Masker Pantyliner untuk Lawan Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)