Selasa, 17 Sep 2019 09:00 WIB

Tak Kenal Jam Kerja, Relawan Inkubator Gratis di Jonggol Standby 24 Jam

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Relawan inkubator gratis di Jonggol standby 24 jam melayani masyarakat. (Foto: Adelia Putri/detikHealth) Relawan inkubator gratis di Jonggol standby 24 jam melayani masyarakat. (Foto: Adelia Putri/detikHealth)
Jakarta - Sosok Enny dan Lugi sebagai pasutri relawan peminjaman inkubator gratis di Jonggol, Bogor sudah tak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Keduanya sigap menolong warga, bahkan sampai dimintai tolong mengobati kucing.

"Sampai saat ini kami dikenal sebagai 911-nya Jonggol. Mulai dari pasien manusia sampai kucing sakit. 'Ibu, kucing aku sakit, aku enggak bisa keluar anak aku kecil-kecil repot bawanya' 'Oh iya'. Telpon dokter hewan langsung ke situ," tutur Bonaventura Zita Enny Wati (52) atau yang biasa dipanggil Enny, istri dari Lukas Lugi Riyadi (47) pada Jumat (13/9/2019) lalu.

Mereka sudah berdedikasi memberikan pinjaman inkubator gratis sejak 2015. Bukan hanya inkubator, Lugi dan Enny juga menyediakan beragam alat kesehatan yang bisa dipinjamkan oleh mereka yang membutuhkan.

Tak jarang, keduanya kerap mendapat panggilan pinjaman inkubator walau sudah dini hari. Padahal baik Lugi dan Enny bukanlah dokter atau berlatar belakang di bidang kesehatan.

"Karena kami ini rumah pribadi, maka kami sudah komitmen dengan istri tidak ada jam kerja. Artinya kita 24 jam standby. Pernah ada pengalaman jam 1 malam, sampai jam 3 dini hari itu tetap kami layani karena kami bisa mengerti mereka itu dalam kondisi panik membutuhkan. Jadi rumah kami terbuka untuk keluarga yang memerlukan inkubator ini," jelas Lugi.


Simak Video "Kisah Pasangan Suami-Istri Abdikan Hidup Jadi Relawan Inkubator"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)