Kamis, 19 Sep 2019 08:02 WIB

Punya Riwayat Sakit Jantung, Amankah Naik Pesawat?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Amankah pengidap sakit jantung naik pesawat? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pesawat Thai Airways Bangkok-Melbourne mendarat darurat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Rabu (18/9) pagi akibat salah satu penumpangnya mengalami serangan jantung. Amankah pengidap sakit jantung naik pesawat?

Take off dan landing bisa mempengaruhi kondisi jantung penumpang yang punya riwayat penyakit jantung. Namun hal itu terjadi bila kondisi penumpang tidak stabil.

"Sebenarnya aman-aman saja bagi orang dengan riwayat penyakit jantung namun sudah stabil. Yang bisa meningkatkan risiko adalah tekanan udara dan oksigen di ketinggian," kata spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP.


Pendapat serupa juga dituturkan konsultan kardiovaskular, dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV.

"Kondisi kecemasan sangat berpengaruh pada kondisi jantung. Orang ada yang fobia naik pesawat, jadi setiap naik pesawat pasti deg-degan apalagi saat take off dan landing. Nah nadi cepat ini yang bahaya," ujar dr Eka.

Sebelum terbang, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter jika belum stabil. Tak lupa membawa obat-obatan pribadi dan menyimpannya di tempat yang mudah terjangkau.


Jaga kesehatan jantung dengan rajin olahraga, daftarkan diri kamu untuk mengikuti Jakarta Heart Bike 2019. Klik di sini.

Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)