Kamis, 19 Sep 2019 11:56 WIB

Susu Murni vs Susu Hamil, Mana yang Baik untuk Ibu Hamil?

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Susu merupakan salah satu asupan nutrisi yang dianjurkan bagi ibu hamil. Asupan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Secara spesifik, ada banyak sekali jenis susu yang biasa ditemui, seperti susu sapi murni, dan ada juga susu khusus hamil. Namun, dari sekian banyaknya jenis susu, manakah yang sebaiknya dipilih para calon ibu?

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, susu ibu hamil komposisinya dibuat sesuai dengan kebutuhan ibu hamil yaitu untuk janin dan ibunya. Sedangkan susu murni tidak spesifik untuk ibu hamil atau golongan tertentu.


"Susu murni biasanya tidak difortifikasi dengan zat nutrisi tapi sesuai dari asalnya yaitu susu sapi. Susu murni biasanya untuk kebutuhan keluarga, tidak spesifik buat usia berapa," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Karena itu, lanjut dr Muliaman, untuk menjawab mana jenis susu terbaik bagi ibu hamil, maka harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan nutrisi ibu hamil dan kandungan dari kedua jenis susu tersebut.

"Pada kondisi hamil biasanya ibu butuh nutrisi pendukung lengkap dan seimbang yaitu nutrisi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak serta nutrisi mikro seperti asam folat, zat besi, kalsium, DHA, serat dan lain-lain. Semua itu saat ini sudah difortifikasi ke dalam susu ibu hamil," jelasnya.

Adapun kandungan susu murni terdapat nutrisi seperti karbohidrat, lemak, dan protein yang baik untuk nutrisi ibu hamil. Selain itu, susu murni juga kaya akan kalsium. Sementara susu hamil, selain mengandung karbohidrat juga menyimpan lemak, protein, dan kalsium. Ada juga beberapa zat penting lain di dalamnya seperti asam folat, zat besi, serta sejumlah vitamin dan mineral lain.


dr Muliaman menambahkan, mengonsumsi susu pada saat masa kehamilan merupakan bagian upaya untuk tercukupinya kebutuhan nutrisi. Hal itu karena dibandingkan dibandingkan dengan kondisi normal, makan normal tanpa susu belum tentu terpenuhi semua kebutuhan nutrisi saat hamil.

"Dengan makan yang cukup seperti biasa masih ada keraguan untuk menjamin apakah yang dikonsumsi itu adalah cukup karena pemilihan makanan, cara memasak dan kondisi saluran pencernaan Ibu sangat mempengaruhi pemenuhan asupan nutrisi ibu hamil," ujarnya.

Pada kondisi inilah, susu ibu hamil seperti PRENAGEN dibutuhkan untuk memastikan nutrisi harian ibu hamil. Kandungan PRENAGEN dibuat sesuai kebutuhan ibu dan si kecil mulai dari masa perencanaan hamil hingga menyusui.

Simak Video "Manfaat Susu A2 Dibanding Susu Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)