Kamis, 19 Sep 2019 15:35 WIB

Viral Pria Pakai Masker Bra Disebut Buat Lawan Kabut Asap

Firdaus Anwar - detikHealth
Pria ini viral karena bra dipakai jadi masker. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Pria ini viral karena bra dipakai jadi masker. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Di media sosial beredar foto seorang pria tampak menggunakan helm dan masker dari bra. Ia disebut melakukannya untuk melawan dampak buruk bencana kabut asap yang tengah terjadi di daerah Kalimantan, Sumatera, dan sekitarnya.

"Akibat kabut asap gak ada masker BH pun jadi yg penting aman," tulis satu netizen di Facebook.

Penelusuran detikcom menemukan kalau foto pria dengan masker bra tersebut pernah diunggah oleh Daily Mail dalam artikelnya pada Januari 2019 lalu. Dijelaskan kalau sang pria adalah warga lokal Thailand ketika Kota Bangkok menghadapi polusi udara yang buruk.


Menurut ahli kesehatan saat menghadapi polusi udara masker yang paling disarankan sebetulnya masker N95. Spesialis kesehatan paru-paru dr Rezki Tantular, SpP, dari RSUD Saiful Anwar Malang mengatakan masker N95 yang dipasang dengan baik bisa menyaring sampai debu-debu halus.

"Kalau tidak pas ya fungsinya engga optimal, kalau pas bisa menyaring hingga 95 persen partikel halus," kata dr Rezki yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Humas Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).



Simak Video "Ngobs Kuy! Duka Kabut Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)