Jumat, 20 Sep 2019 11:40 WIB

Menkes Sarankan Buat Ruang Tanpa Asap dengan Dakron dan Gorden Basah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Asap kebakaran hutan meningkatkan risiko infeksi pernapasan (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom) Asap kebakaran hutan meningkatkan risiko infeksi pernapasan (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom)
Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menyebut dampak dari karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) menyebabkan kasus infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) cukup tinggi. Untuk itu, Kemenkes melakukan sejumlah upaya seperti membuat posko kesehatan 24 jam dan ruang tanpa asap.

"Tetapi kalau bisa semua membuat ruang tanpa asap, jadi ada satu ruang saja kita tutup dan kain dekron basah dipasang di jendela-jendela supaya partikel polutan itu nempel di gorden. Jadi kita tidak perlu sampai keluar rumah dan mencari rumah singgah," kata Menkes saat dijumpai di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019).

Dengan ada rumah yang memiliki satu ruangan itu, tetangga juga bisa berkumpul bersama dan tak perlu jauh-jauh ke rumah singgah. Penggunaan dakron atau gorden basah pun menurut Menkes sudah efektif untuk mencegah paparan kabut asap.



"Pakai dekron yang dibasahi lebih bagus dan gorden itu efektif kemudian jendela ditutupi, dan kalau ada exhaust untuk keluarkan udaranya. Hasilnya ISPU akan kebih rendah, tapi jangan semua ditutup dan tidak ada exhaust," tambahnya.

Diwawancara terpisah, Sekertaris Direktorat Jendrak Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Ahmad Yurianto menyebut pemasangan dakron basah dilakukan pada celah-celah udara atau ventilasi untuk menyaring udara yang masuk sehingga kualitas udara di dalam ruangan jauh lebih baik.

"Sekarang teknologi itu kita harap diimplementasikan di perumahan. jadi kalau memungkinkan seluruh ruangan, tapi kalau memang tidak bisa ya satu kamar lah paling tidak. Sehingga penduduk bisa terkurangi paparannya jadi nggak perlu ngungsi jauh-jauh," pungkas dr Yuri.



Simak Video "Ngobs Kuy! Duka Kabut Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)