Jumat, 20 Sep 2019 17:14 WIB

Sudah Divonis Gagal Jantung, Berikut Tips Dokter Untuk Jaga Kesehatan

Michelle Natasya - detikHealth
Gagal jantung bukan akhir, jaga kesehatan ikuti nasehat dokter. (Foto: Thinkstock) Gagal jantung bukan akhir, jaga kesehatan ikuti nasehat dokter. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Salah satu yang umum terjadi dan harus diwaspadai adalah kondisi gagal jantung.

Dikutip dari Mayo Clinic, gagal jantung terjadi ketika jantung tidak memompa darah sebagaimana seharusnya. Gejala gagal jantung kerap kali tak disadari contohnya seperti sesak napas, pembengkakan ekstremitas di kaki atau pergelangan kaki, batuk kronis, sering lelah, nafsu makan berkurang, dan adanya denyut nadi yang tidak normal.


Seseorang yang mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau serangan jantung lebih berisiko untuk mengalami gagal jantung karena otot-otot jantung melemah. Lantas, kalau sudah divonis gagal jantung hal apa saja yang dapat dilakukan untuk terus menjaga kesehatan jantung?

dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah sekaligus wakil ketua ASEAN Federation of Cardiology Congress (AFCC), memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung meski sudah divonis gagal jantung.

1. Tetap kontrol dan berobat ke dokter.

2. Terus konsumsi obat secara kontinu. Jangan sampai berhenti konsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter.

3. Pastikan tetap ada aktifitas fisik seperti olahraga. Namun, olahraga yang dipilih baiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter. Olahraga yang sesuai biasanya yang tidak terlalu memerlukan aktifitas fisik yang berat, seperti jalan, berenang, dan bersepeda.

Nah buat detikers yang ingin ikut aktivitas menyehatkan jantung, yuk daftar di event Jakarta Heart Bike 2019. Jangan lupa daftar di sini.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)