Minggu, 22 Sep 2019 19:14 WIB

Tanda-tanda Keracunan Kopi 'Perkasa' Campur Viagra, Jangan Dilanjutkan!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kopi campur obat tentu punya efek samping berbahaya (Foto: Andhika Akbaransyah) Kopi campur obat tentu punya efek samping berbahaya (Foto: Andhika Akbaransyah)
Jakarta - Meski dilarang, peredaran produk kopi 'perkasa' bercampur bahan kimia obat masih banyak ditemukan. Bahan obat untuk disfungsi ereksi sildenafil paling banyak disalahgunakan. Beberapa pria dewasa di sejumlah daerah bertumbangan karenanya.

Sejak tahun 2011, produk-produk kopi mengandung obat kuat sudah banyak ditemukan. Meski dilarang, nyatanya selalu muncul lagi dan memakan korban.

Dokter ahli jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, mengatakan efek dari sildenafil adalah menurunkan tekanan darah. Bagi yang tidak tahu, ada efek yang mudah untuk dikenali agar tidak kebablasan.

"Efeknya biasanya berasal dari tekanan darah yang turun mendadak. Biasanya efek yang bisa dikenali seperti keliyengan (pusing), pandangan mendadak buram saat berdiri," katanya pada detikcom, Minggu (22/9/2019).



Bila mengalami efek tersebut, disaranakan untuk tidak melanjutkan. Apalagi bila sejak awal sudah tahu kopi yang diminum telah ditambahkan bahan-bahan obat yang 'tidak jelas'.

"Nah gejala-gejala tersebut barangkali bisa menjadi hal-hal yang bisa dipertimbangkan saat akan mengkonsumsinya," ujarnya.

dr Ario menjelaskan, biasanya orang yang mengalami keracunan akan mengalami gangguan pada keseimbangan tubuh. Mereka akan lebih merasa nyaman saat berbaring.



Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)