Senin, 23 Sep 2019 10:32 WIB

Main Handphone Kelamaan di Toilet Bisa Picu Wasir? Ini Faktanya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi menggunakan handphone di toilet. Foto: iStock Ilustrasi menggunakan handphone di toilet. Foto: iStock
Jakarta - Salah satu alasan seseorang berada di toilet cukup lama adalah karena sambil memainkan gadgetnya, terutama handphone. Berseluncur di media sosial ataupun bermain game kerap menemani rutinitas pagi di toilet.

Sayangnya, dokter memperingatkan bahwa kebiasaan menggunakan handphone di toilet dapat memicu masalah kesehatan yang serius. Salah satu masalah yang dapat dialami adalah wasir atau ambeien.

Wasir adalah kondisi membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Hal ini bisa dikarenakan karena terlalu lama duduk di toilet.



Dokter umum dr Sarah Javis mengatakan wasir mudah datang jika seseorang memiliki faktor risiko, seperti sembelit atau sulit buang air besar, hamil, batuk kronis, atau faktor usia tua.

"Jadi mencoba berselancar di handphone sambil buang air besar, dokter tidak merekomendasikannya," tegasnya.

dr Sarah juga menyarankan untuk menambahkan banyak asupan serat dalam makanan, memastikan kebutuhan cairan terpenuhi, dan berolahraga secara teratur agar terhindar dari wasir. Dan juga cobalah untuk tidak membawa handphone saat masuk ke dalam toilet.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)