Selasa, 24 Sep 2019 18:38 WIB

Psikolog Sebut Poster Lucu di Demo Mahasiswa Jadi Cara Gen Z Berekspresi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Psikolog sebut poster lucu saat demo jadi cara Gen Z berekspresi. Foto: Rifkianto Nugroho Psikolog sebut poster lucu saat demo jadi cara Gen Z berekspresi. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Hari ini, Selasa (24/9/2019) kelompok mahasiswa dari berbagai daerah turun ke jalan untuk melakukan aksi demonstrasi massal menolak Rancangan Undang-undang (RUU) yang akan disahkan DPR. Aksi mahasiswa ini diwarnai dengan beragam poster yang berisi kalimat protes yang dipandang lucu.

Seorang psikolog klinis, Anastasia Satriyo mengatakan, munculnya berbagai poster dengan kalimat lucu pada demonstrasi kali ini mungkin bisa berbeda dengan demonstrasi-demonstrasi sebelumnya karena ada perbedaan jaman.

"Kalau kita lihat, yang demo itu kan mahasiswa ya. Nah, mahasiswa itu berada di antara usia remaja akhir dan dewasa awal, itulah cara mereka menyampaikan aspirasi serta protesnya," jelas Anastasia saat dihubungi detikcom, Selasa (24/9/2019).


Remaja saat ini atau lebih dikenal dengan Gen Z memiliki cara-cara unik tersendiri untuk menyampaikan rasa protesnya. Ia mengatakan biarkan mereka berekspresi dengan cara di jaman mereka saat ini.

"Biarkan mereka melakukan dengan caranya sendiri. Tapi, kita juga harus mengingatkan atau membuat mereka tahu kalau cara seperti ini ada konsekuensinya. Mau itu orang yang suka dan tidak suka terhadap cara mereka," ujarnya.

Anastasia menambahkan, poster atau cara seperti ini juga menjadi pembeda bagaimana cara jaman dulu dan sekarang dalam mengekspresikan aspirasinya melalui aksi demo.


Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)