Jumat, 27 Sep 2019 10:58 WIB

Dari Set Bedah Sampai Obat, Berikut Kelengkapan Medis di Mobil Ambulans

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ambulans mengangkut peralatan medis. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Secara umum, ada 2 tipe ambulans yang sering lalu lalang di sekitar kita yakni ambulans transportasi dan ambulans gawat darurat. Perbedaan keduanya terletak pada kelengkapan medis yang tetap bertujuan untuk menghindari terjadinya kematian dan kecacatan.

Kelengkapan medis ambulans transprotasi meliputi tabung oksigen, peralatan medis seperti pengukur tekanan darah dengan manset untuk dewasa dan anak, obat-obatan sederhana dan cairan infus secukupnya.

Berbeda dengan ambulans gawat darurat yang memiliki kelengkapan medis lebih kompleks karena tujuannya sebagai pertolongan pertama pengangkutan pasien gawat darurat agar stabil dan bisa tertangani sebelum sampai ke rumah sakit. Berikut kelengkapan medisnya dikutip dari Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI:



- Tabung oksigen dengan peralatan untuk dua orang
- Alat pengukur tekanan darah
- Peralatan resusitasi manual atau automatic
- Alat monitor/diagnostik untuk anak dan dewasa
- Alat monitor jantung, napas
- Alat defibrilator untuk anak dan dewasa
- Set bedah minor
- Obat-obatan gawat darurat dan cairan infus
- Etonox
- Kantong mayat
- Sarung tangan disposible

Setiap kru ambulans, baik sopir dan tenaga medis dibekali pengetahuan medis seperti BHD (Bantuan Hidup Dasar) dan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support) agar mampu memberikan pertolongan pada pasien sesuai prosedur yang ditetapkan.



Simak Video "Fungsi Macam-macam Suara Sirine Ambulans, Seperti Ini Bunyinya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)