Senin, 30 Sep 2019 16:07 WIB

Bengkak Usai Liposuction Seperti Salmafina, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Salmafina Sunan dikabarkan baru saja menjalani sedot lemak (Foto: Palevi S/detikFoto) Salmafina Sunan dikabarkan baru saja menjalani sedot lemak (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Salmafina Sunan menjadi sorotan usai menjalani prosedur sedot lemak atau liposuction. Dalam salah satu fotonya, jari-jari Alma, demikian sapaannya, tampak bengkak saat sedang menyantap pasta.

"My swollen hands cannot stop me from enjoying my cheat day here at @**** Loving the warm chocolate cake and the pasta so much!!," tulis Salmafina dikutip dari detikcom.

Dalam unggahan yang lain, Alma menyatakan liposuction dilakukan di empat titik yaitu lengan dan sayap. Menurut Alma prosedur tersebut hanya perlu waktu sekitar 3 jam dengan luka selebar 2 sentimeter.



Menurut dokter ahli bedah plastik Dr dr Fonny Josh, SpBP-RE(K), bengkak selepas operasi sedot lemak adalah hal yang wajar. Bila operasi dilakukan di tangan bagian lengan, bengkak mungkin bisa terjadi hingga jari. Bengkak merupakan bagian dari fase penyembuhan yang terjadi pada semua tindakan operasi.

"Bengkak terjadi tangannya kebanyakan menggantung yang mengakibatkan cairan terkumpul di jari hingga terlihat bengkak. Supaya tidak bengkak, tangan bisa dibebat kemudian slingnya disampirkan di bahu supaya tidak terlalu sering menggantung. Kalau tidur tangan bisa diganjal dengan bantal dengan posisi lebih tinggi daripada jantung agar tidak bengkak," kata dr Fonny pada detikcom, Senin (30/9/2019).

Menurut dr Fonny, bengkak tidak langsung muncul tepat setelah operasi. Bengkak biasanya muncul satu hari setelah operasi dan telihat paling besar pada hari kedua atau ketiga. Pada hari keempat atau kelima, bengkak mulai kempes dan 80 persen sudah sembuh sekitar dua bulan usai operasi. Pasien patut waspada jika bengkak tak juga sembuh setelah melewati waktu dua bulan.

Salah satu penyebab bengkak terjadi lebih dari dua bulan adalah pembuluh limfe yang mungkin terbuka saat operasi. Beberapa bagian tubuh, misal lengan, kaya pembuluh limfe sehingga operasi harus dilakukan dengan cermat. Untuk mencegah cedera yang tidak diinginkan usai operasi, dr Fonny kembali mengingatkan untuk melakukan operasi hanya dengan tenaga dokter yang kompeten dan di tempat punya izin praktik tindakan medis.



Simak Video "Merasa Jadi Korban Malapraktik Liposuction, Irene Tempuh Jalur Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)