Senin, 30 Sep 2019 18:25 WIB

Terjebak Macet Gara-gara Demo? Ini Tips Penangkal Stres Biar Tetap Kalem

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kemacetan imbas demo di sekitar Gedung DPR (Foto: Ari Saputra) Kemacetan imbas demo di sekitar Gedung DPR (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Demo kembali mewarnai kawasan Senayan, Jakarta. Ricuh terjadi di beberapa titik dan dipastikan ruas-ruas jalan di sekitarnya akan mengalami kemacetan.

Terjebak macet dalam situasi demikian tentu sangat menyebalkan. Tetapi, marah-marah juga tidak akan menyelesaikan persoalan. Bahkan, bisa saja malah memancing kemarahan massa yang beringas.

Dikutip dari Psychology Today, penulis yang juga pakar kesehatan jiwa Linda Wasmer Andrews memberikan sejumlah tips. Berikut di antaranya:



1. Atur napas
Inhale, exhale, ulangi. Terbukti efektif untuk relaksasi, dan yang terpentih mudah dilakukan di belakang kemudi.

2. Ubah cara melibat situasi
Macet memang menyebalkan, tetapi bisa juga dilihat sebaliknya. Anggap saja ini waktunya beristirahat. Manfaatkan kesempatan langka ini untuk mendengarkan siaran radio kesayangan.



3. Tak perlu mengingkari kemarahan
Jika ada pengemudi lain yang tidak sabaran lalu memotong jalan, tidak apa-apa kalau merasa marah. Itu normal, sadari dan terima saja. Yang harus dilakukan adalah sesegera mungkin beralih ke momen yang lain, sehingga tidak berkembang jadi kemarahan besar yang mengacaukan segalanya.

4. Atasi rasa gelisah
Sudah pasti akan terlambat sampai tujuan. Terima saja bila kegelisahan mulai terasa, lalu alihkan perhatian dengan mengamati hal-hal yang terjadi di sekitar.

5. Pasang senyum
Konon, pura-pura senyum sekalipun bisa menekan intensitas tubuh dalam merespons stres. Jadi, tetap senyum!



Simak Video "Tips Hilangkan Stres Berkendara Saat Macet "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)