Selasa, 01 Okt 2019 10:22 WIB

Menkes Pastikan Operasional RS Harapan Kita Cs Tak Terganggu Demo

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bentrok di wilayah Slipi semalam tak pengaruhi layanan RS di sekitarnya (Foto: Grandyos Zafna) Bentrok di wilayah Slipi semalam tak pengaruhi layanan RS di sekitarnya (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Demo yang berlangsung Senin (30/9) kemarin di depan Gedung DPR RI berakhir ricuh. Banyak massa yang berlindung dan menyelamatkan diri ke gedung-gedung terdekat termasuk ke rumah sakit.

Di sekitar gedung DPR RI memang terdapat rumah sakit vertikal yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan seperti RS Kanker Dharmais, RS Jantung Harapan Kita, dan RS Anak Bunda Harapan Kita. Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menyebut operasional rumah sakit tidak terganggu dan tetap berjalan saat demo.

"Semua aman sih. Kalau ada demo begitu kita hati-hati aja. Kan daerahnya (rawan-red). Kami juga kemarin pas ada acara, masuk kok semua. Tapi aman, hati-hati aja lah," kata Menkes saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Selasa (1/10/2019).



Sebelumnya, beredar video yang menyebut RS Harapan Kita, Jakarta Barat, diserang oleh massa. Dalam video tersebut terlihat massa berlarian di halaman rumah sakit.

Humas RS Anak Bunda Harapan Kita, Kurniati, mengatakan kala itu massa yang melewati halaman rumah sakit untuk menghindari aparat namun tidak mengganggu keamanan dan operasional rumah sakit.

"Kondisi tadi sore memang pendemo sempat masuk lewat halaman RSAB Harapan Kita, tapi kondisi di RSAB Harapan Kita sampai saat ini aman terkendali. Puji Tuhan," ujar Kurniati.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)