Rabu, 02 Okt 2019 12:01 WIB

Google Doodle Sempat Tampilkan Psikiater Dr Herbert Kleber, Siapa Dia?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi Google. Foto: Arnd WIegmann/Reuters Ilustrasi Google. Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta - Google Doodle sempat menampilkan sosok psikiater Dr Herbert Kleber pada Selasa (1/10/2019). Dikutip dari Time, Dr Kleber adalah peneliti pertama yang menangani ketergantungan narkoba dan senyawa lain sebagai masalah medis bukan hanya moral.

Dr Kleber mulai bekerja sebagai dokter di penjara federal Kentucky. Dia menangani penghuni penjara yang mengalami ketergantungan, menggunakan obat dan terapi dengan bukti medis untuk mencegah pasien kembali mengalami adiksi (relapse). Pada 1964, Kleber menjadi staf di Yale University pada 1964 dan mendirikan Drug Dependence Unit pada 1968.

"Unit ini melakukan riset besar yang menghasilkan temuan penting. Temuan mencakup fenomena dan penanganan ketergantungan medis terhadap opium, ganja, penyalahgunaan alkohol, dan zat stimulan lain," tulis Yale School of Medicine.


Berkarir selama 50 tahun dalam bidang riset medis, Dr Kleber terpilih sebagai salah satu anggota National Academy of Medicine. Berkat risetnya, Dr Kleber berhasil mengubah cara pandang dunia terhadap adiksi. Saat ini, pasien bisa didiagnosa, menerima pengobatan, selamat, dan melanjutkan kembali kehidupannya.

Dr Kleber lahir pada 19 Juni 1934 di Pittsburgh dan menyelesaikan pendidikannya di Dartmouth College. Dia kemudian melalui masa residen di Yale University, sebelum bekerja di penjara federal Kentucky. Dia meninggal pada Oktober 2018 dalam usia 84 tahun meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)