Kamis, 03 Okt 2019 11:25 WIB

Viral Anggota DPR Beristri 3 Tidur Saat Paripurna, Ini Bedanya dengan Power Nap

Michelle Natasya - detikHealth
Potret Anggota DPR Lora Fadil yang kedapatan tidur saat paripurna, saat bersama ketiga istrinya (Foto: dok pribadi) Potret Anggota DPR Lora Fadil yang kedapatan tidur saat paripurna, saat bersama ketiga istrinya (Foto: dok pribadi)
Jakarta - Anggota DPR, Achmad Fadil Muzakki Syah atau Lora Fadil, tertidur di ruang rapat paripurna. Fotonya pun viral di media sosial.

Kepada wartawan, Fadil mengaku saat itu sedang kelelahan. Kemacetan akibat berbagai demo di ibu kota belakangan ini membuatnya kurang tidur.

Selama ini tidur siang apalagi di tempat kerja, seringkali memang dilabeli sebagai perilaku malas-malasan. Sedangkan di beberapa wilayah Eropa, tidur siang atau power nap justru menjadi budaya dan dianggap efektif mengembalikan kebugaran otak.

Power nap merupakan tidur siang singkat, biasanya 15 sampai 20 menit di sela-sela jam istirahat bekerja. Praktisi kesehatan tidur dari Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT menjelaskan bahwa power nap diperuntukkan bagi mereka yang ingin meningkatkan produktivitas.

"Kalau power nap itu bukan untuk ngatasin ngantuk. Power nap itu untuk ningkatin produktivitas. Jadi orang yang sehat, tidak ada hypersomnia, dan tidurnya cukup yang kemudian ambil waktu 15 sampai 20 menit untuk tidur di jam makan siang. Bangun, seger dan produktif lagi," terang dr Ade.



Menurut dr Ade, power nap berguna untuk menjaga kemampuan otak, kognitif, mental, dan stabilitas emosional. Untuk melakukan power nap, dr Ade menyarankan untuk membangun suasana yang nyaman.

"Setiap orang kan ukuran nyamannya beda. Ada yang tidur di meja aja, sandaran di sofa, bawa matras yoga, tutup mata pakai masker, nyalakan musik yang lembut, ya masing-masing aja," tandasnya.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)