Kamis, 03 Okt 2019 13:02 WIB

Bahaya Kurang Tidur Seperti Dialami Anggota DPR Beristri 3 Saat Paripurna

Michelle Natasya - detikHealth
Anggota DPR F-NasDem Lora Fadil dan tiga istri (dok. pribadi) Anggota DPR F-NasDem Lora Fadil dan tiga istri (dok. pribadi)
Jakarta - Sebuah foto anggota DPR, Achmad Fadil Muzakki Syah atau Lora Fadil, tertidur di ruang rapat paripurna ramai di media sosial. Fadil mengaku dirinya kelelahan.

Ternyata, kurang tidur bisa berbahaya, loh bagi kesehatan. Praktisi kesehatan tidur dari Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT mengatakan bahwa kurang tidur bisa berakibat pada kanker, jantung, hipertensi, stroke, obesitas, depresi, bahkan kematian.

"Makanya kesehatan tidur sekarang dianggap penting karena ya akibatnya luar biasa. Tidur ini menjadi dasar kualitas manusia. Daya tahan tubuh manusia kan bekerja saat tidur," jelas dr Ade, sapaannya, saat dihubungi detikcom, Kamis (3/10/2019).



Lebih lanjut, dr Ade menjelaskan bahwa darah kental pada orang tua juga bisa disebabkan oleh tidur yang bermasalah. Sebesar 47 persen penderita hipertensi juga disebabkan oleh sleep apnea yaitu henti napas saat tidur. Mendengkur merupakan salah satu ciri sleep apnea.

Menurut dr Ade, International Diabetes Federation sudah menyatakan semua penderita diabetes harus diperiksa mendengkur atau tidak saat tidur. Karena dengan adanya sleep apnea, sulit mengontrol gula darah.

"Ini berkaitan juga dengan obesitas, sekarang ini untuk mengatasi obesitas itu ya tidur yang bener. Jadi mitos kalau orang kurang tidur itu jadi kurus, itu salah. Justru kebalikan malah jadi gendut. Orang yang ngantuk gula darah tuh jadi naik," pungkas dr Ade.



Simak Video "Eits! Percuma Diet Kalau Kurang Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)