Rabu, 09 Okt 2019 11:00 WIB

Butuh Lalapan untuk Makan Siang? Tomat Punya 6 Manfaat Sehat Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tomat cocok untuk lalapan sehat siang ini. Foto: Istimewa Tomat cocok untuk lalapan sehat siang ini. Foto: Istimewa
Jakarta - Apakah tomat buah atau sayur? Menurut health.com, secara teknis tomat adalah buah karena berisi biji dan berkembang dari tanaman berbunga. Mengonsumsinya juga akan memberikan tubuhmu serangkaian nutrisi yang kamu butuhkan untuk tetap produktif hari ini.

Tomat juga bisa disebut sayur, dengan kandungan karbohidrat dan gulanya yang rendah. Dalam tomat berukuran sedang hanya mengandung 22 kalori dan 5 gram total karbo serta 1,5 gram serat. Berikut 6 alasan mengapa tomat sangat baik untuk pilihan lalapan makan siang ini:



1. Sumber vitamin terbaik

Satu buah tomat dapat memberikan sekitar 40 persen dari asupan rekomendasi harian vitamin C. Ditambah lagi, tomat menyuplai vitamin A, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, penglihatan dan kesehatan, kemudian vitamin K yang baik untuk tulang, serta potasium yang menjadi nutrisi penting bagu fungsi jantung, kontraksi otot dan menjaga keseimbangan tekanan darah dan cairan tubuh.

2. Menyehatkan jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen yang yang menjadikannya berwarna merah segar. Banyak riset menyebutkan bahwa tomat sangat baik bagi kesehatan jantung, dan terkait dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit tersebut, terutama bagi yang mengidap sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme merupakan sekumpulan faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

3. Memperbaiki penglihatan

Likopen yang dikandung oleh tomat juga sangat baik untuk mata kita. Agar mata kita segar pagi ini sebelum memulai aktivitas, tomat juga mengandung lutein dan beta-karoten, yang menurut riset, semua nutrisi tersebut memperbaiki penglihatan kita dan melindunginya dari masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.


4. Bikin lancar 'nongkrong'

Pagi ini sembelit dan susah 'nongkrong' di WC? Makanlah sebuah tomat langsung karena cairan dan serat di dalamnyta bisa membantu meredakan konstipasi. Namun perlu diperhatikan bahwa keasaman dari tomat yang dimasak bisa memicu atau memperburuk refluks asam dan diare pada mereka yang rentan.

5. Baik untuk pengidap diabetes

Bagi kamu yang mengidap diabetes tipe 2, tomat merupakan buah terbaik untuk membantumu mengatur gula darah. Dan menurut sebuah studi, pasien diabetes yang kerap mengonsumsi tomat yang dimasak selama 30 hari mengalami penurunan peroksidasi lipid atau reaksi gabungan saat radikal bebas menyerang lemak sehingga menaikkan risiko penyakit jantung. Ini cukup penting karena diabetes sendiri juga menjadi salah satu faktor risiko besar dari stroke dan serangan jantung.

6. Menyehatkan kulit

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun bisa mencegah kerusakan yang diakibatkan sinar matahari dan mendukung produksi dari pro-kolagen. Pro-kolagen merupakan molekul yang membuat kulit berstruktur dan mengencangkan serta memudakan. Para ilmuwan percaya bahwa likopen dalam tomat menjadi kuncit penyebabnya, karena konsentrasinya meningkat saat dimasak bersama minyak zaitun yang mendorong penyerapan dalam sistem pencernaan ke dalam aliran darah.



Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)