Rabu, 09 Okt 2019 13:32 WIB

5 Fakta Autoimun, Penyakit yang Menyerang Ashanty

Virgina Maulita Putri - detikHealth
Halaman 2 dari 2
1 5 Fakta Autoimun, Penyakit yang Menyerang Ashanty
5 Fakta Autoimun, Penyakit yang Menyerang Ashanty Foto: ilustrasi/thinkstock 5 Fakta Autoimun, Penyakit yang Menyerang Ashanty Foto: ilustrasi/thinkstock

3. Jenis-jenis Penyakit Autoimun

Seperti disebutkan sebelumnya, ada 80 penyakit yang digolongkan sebagai penyakit autoimun. Tapi ada beberapa penyakit autoimun yang umum ditemukan seperti:

- Diabetes tipe 1

- Rheumatoid arthritis

- Psoriasis

- Multiple sclerosis

- Lupus

- Radang usus

- Celiac

- Addison's disease

4. Gejala

Gejala awal beberapa penyakit autoimun terbilang sama, sehingga membuatnya sedikit sulit untuk didiagnosis. Beberapa gejala tersebut antara lain:

- Kelelahan

- Otot terasa sakit

- Bengkak dan kemerahan

- Demam

- Kesulitan konsentrasi

- Rasa kaku di tangan dan kaki

- Rambut rontok

- Ruam di kulit

Beberapa penyakit autoimun juga memiliki gejala unik sendiri. Seperti diabetes tipe 1 yang gejalanya mencakup rasa haus berlebihan, berat badan turun dan kelelahan.

5. Pengobatan

Penyakit autoimun tidak bisa disembuhkan dengan obat dan perawatan. Tapi perawatan bisa dilakukan untuk mengontrol respons imun yang overaktif dan meredakan peradangan.

Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kondisi ini antara lain ibuprofen, naproxen dan obat penekan kekebalan tubuh. Selain perawatan dengan obat, penderita penyakit autoimun juga bisa menjaga kesehatan tubuh mereka dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

(vmp/erd)