Rabu, 09 Okt 2019 14:40 WIB

Jadi Otak Kedua, Saluran Cerna Anak Juga Penting Diperhatikan Loh!

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Selama ini kebanyakan orang tua menilai perkembangan anak hanya pada organ otaknya. Padahal tanpa kita sadari ada organ lain yang berpengaruh dalam tumbuh kembang anak yaitu saluran pencernaan. Salah satu organ dalam tubuh ini tidak hanya bekerja dalam menerima makanan dari luar, tetapi berfungsi dalam mempengaruhi prilaku anak.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur otak yang kaya dengan serabut-serabut saraf mempunyai hubungan dengan saluran pencernaan, yaitu mengatur pergerakan usus, lambung, dan menghasilkan kelenjar-kelenjar pencernaan untuk penyerapan nutrisi.

"Hubungan antara saluran cerna dengan otak ini disebut dengan brain gut axis atau poros saluran cerna otak. Jadi prilaku dan tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh kesehatan saluran cernanya, karena dia akan dapat menyerap nutrisi dengan baik sehingga anak akan berprilaku dengan baik," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.

"Bahkan baru-baru ini ditemukan hubungan antara bakteri baik yang ada di usus dengan reaksi imun dan juga pola prilaku dan otak anak. Sehingga saluran cerna ini sering disebut sebagai the second brain," imbuhnya.


Dia menyebutkan seorang anak yang mempunyai saluran cerna yang baik dan sehat akan mampu menyerap nutrisi dengan baik dan mensuplai kebutuhan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk otak. Studi terbaru juga menjelaskan hubungan antara pola bakteri baik di usus sangat berpengaruh terhadap prilaku anak.

"Bakteri di dalam usus ini sering disebut dengan mikroflora. Pada saluran cerna mikroflora dapat berupa bakteri yang menguntungkan (bifidobacteria and Lactobacillus) dan bakteri yang merugikan (P. aeruginosa, Proteus, Staphylococcus, Clostridia, E. Coli, dan Salmoonella)," sebutnya.

"Pada bayi yang mendapatkan ASI mikroflora yang tumbuh adalah hampir 90% bifidobakterium, polanya akan berubah seiring dengan bertambahnya usia dan pola makan keberadaan bakteri tersebut di dalam saluran cerna, ini juga sangat berhubungan dengan kesehatan manusia," tuturnya.

Bakteri-bakteri ini, dikatakannya, juga selalu saling berkompetisi, sehingga komposisi mikroflora saluran cerna sangat bervariasi. Jadi sangatlah penting mempertahankan keberadaan bakteri menguntungkan di dalam saluran cerna sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri merugikan.

"Salah satunya caranya bisa memberikan asupan bakteri yang baik ke dalam susu pertumbuhan anak. Ini penting untuk menjaga anak terhindar dari gangguan saluran pencernaan seperti diare yang akan mempengaruhi pertumbuhannya. Bisa dibayangkan pada saat diare maka nutrisi yang diberikan tidak bisa di serap dengan baik tapi dikeluarkan bersama diare," terang dr Muliaman.

Dia menuturkan jika diare ini berlangsung terus menerus, sel-sel pada tubuhnya akan kekurangan nutrisi dan tidak bisa berkembang dengan baik sehingga terjadi gangguan pertumbuhan. Pada kasus yang berat diare akut ini bisa menyebabkan dehidrasi kekurangan cairan dan elektrolit yang bisa membahayakan kesehatan si kecil.


Solusinya, kata dr Muliaman, karena sistem pencernaan berperan penting dalam mempertahankan kesehatan anak maka penting untuk selalu menjaga kesehatan saluran cerna. Salah satunya caranya mempertahankan keseimbangan mikrofkora yang didominasi oleh bakteri menguntungkan.

"Dengan cara menjaga kebersihan tangan, makanan, minuman dan juga tentunya dengan memberikan bakteri yang baik dari luar untuk pencegahan seperti probitoik bifidobakterium pada susu anak," ungkapnya.

"Saat ini teknologi nutrisi semakin berkembang sehingga memberikan tiga bifidobackterium sekaligus yang dikenal dengan triple bifidus ke dalam susu anak sehingga mikroflora usus anak dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Triple bifidus ini ada dalam MoriCare Zigma dalam Morinaga Platinum," jelasnya.

Oleh karena itu, agar anak berkembang dengan baik dan tidak terserang gangguan pencernaan sehingga mengganggu pertumbuhannya, konsumsi susu yang mengandung laktoferin seperti susu formula terbaik Morinaga Chil Kid Platinum dan Morinaga Chil School Platinum. Susu tersebut mengandung pro-prebiotik agar si kecil tak mudah diare serta telah teruji klinis sebagai bakteri baik oleh Morinaga Research Center di Jepang.

Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)