Rabu, 09 Okt 2019 14:41 WIB

Manfaat Bawang Putih, Ini 7 Kebaikannya untuk Tubuh

Puti Yasmin - detikHealth
Manfaat Bawang Putih, Ini 7 Kebaikannya untuk Tubuh/Foto: shutterstocks Manfaat Bawang Putih, Ini 7 Kebaikannya untuk Tubuh/Foto: shutterstocks
Jakarta - Manfaat bawang putih tak sekadar sebagai bumbu dapur, pelengkap makanan saja. Siapa sangka, ada manfaat bawang putih untuk tubuh di baliknya. Apa saja?

Manfaat bawang putih bisa diperoleh dengan mengonsumsi secara mentah maupun dimasak terlebih dahulu. Namun, bila dikonsumsi langsung bisa memberikan manfaat yang lebih optimal.



Berikut manfaat bawang putihyang dirangkum detikcom:

1. Tekanan Darah

Pasien dengan tekanan darah tinggi dapat memperoleh manfaat bawang putih. Berdasarkan penelitian, orang dengan tekanan darah tinggi berkurang angka sistoliknya sebanyak 8,4 mmHg dan diastolik sebesar 7,3 mmHg.

2. Ketombe

Manfaat bawang putih yang lain, yakni dapat menghilangkan ketombe di rambut. Caranya, campurkan madu dan bawang putih yang telah dimemarkan kemudian oleskan pada rambut selama 5-10 menit.

3. Tulang

Manfaat bawang putih juga bisa dirasakan wanita. Berdasarkan studi tahun 2012, kandungan bawang putih bisa meningkatkan produksi hormon estrogen untuk kestabilan tulang.

4. Jerawat

Ada pengobatan alami untuk meredakan jerawat, yakni menggunakan bawang putih. Manfaat bawang putih yang digosokkan pada area jerawat memiliki sifat antiradang dan allicin untuk membunuh bakteri penyumbat pori-pori penyebab jerawat.

5. Pikun

Manfaat bawang putih juga bisa mencegah penyakit pikun. Pasalnya, bawang putih membantu tubuh melawan stres oksidatif sehingga bisa meningkatkan enzim antioksidan untuk mencegah kepikunan.



6. Warna Kuku

Bawang putih juga memiliki manfaat untuk mengembalikkan warna kuku. Caranya dengan menggunakan cotton bud dan minyak bawang putih kemudian oleskan ke kuku secara teratur selama seminggu.

7. Kolesterol

Terakhir, manfaat bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan penelitian dari Aachen University, Jerman senyawa aktif allicin membantu menyehatkan tubuh.

Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)