Rabu, 09 Okt 2019 18:46 WIB

Bukan Cuma Ashanty, Presiden Duterte Juga Dikabarkan Idap Autoimun

Rosmha Widiyani - detikHealth
Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang dikabarkan Mengidap Penyakit Autoimun. Foto: BBC Magazine Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang dikabarkan Mengidap Penyakit Autoimun. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Ashanty bukan satu-satunya yang belakangan ini dikabarkan mengalami penyakit autoimun. Presiden Filipina Rodrigo Duterte juga mengungkapkan kalau dirinya memiliki penyakit autoimun.

Dikutip dari The Guardian, Duterte menjelaskan kondisinya disebut myasthenia gravis.

"Salah satu mata saya berukuran lebih kecil dan bergerak sendiri. Kondisi malfungsi sel saraf ini disebut myasthenia gravis. Saya memperolehnya dari kakek," kata Duterte dalam kunjungannya ke komunitas Filipina di Rusia.


Menurut US National Institutes of Health (NIH), myasthenia gravis menyebabkan pelemahan otot. Akibatya kelopak mata seperti jatuh (drooping of eyelids), penglihatan buram, dan kelemahan ekstrim lainnya.

Secara umum, myasthenia gravis bisa diatasi dengan perlakuan tertentu. Namun lebih dari 20 persen pasien myasthenia gravis pernah mengalami kondisi krisis. Menurut NIH, kondisi krisis mengakibatkan pasien perlu ventilator untuk bernapas.

Duterte sendiri tidak memberikan gambaran efek myasthenia gravis pada kesehatannya. Namun pernyataan terkait autoimun, menimbulkan keraguan terkait kondisi sebetulnya Presiden berusia 76 tahun tersebut. Sebelumnya Duterte didiagnosa mengalami Buerger's disease terkait kebiasaan merokok.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)