Kamis, 10 Okt 2019 05:05 WIB

Buat yang Mau Puasa Sunah Senin Kamis, Ini Manfaatnya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Puasa sunah melatih kita menahan hawa nafsu makan. (Foto: iStock) Puasa sunah melatih kita menahan hawa nafsu makan. (Foto: iStock)
Jakarta - Puasa sunah Senin Kamis diketahui memiliki segudang manfaat. Salah satunya membantu mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa menerapkan pola hidup sehat.

"Pengendalian hawa nafsu sebetulnya sudah dilakukan saat puasa Ramadhan. Tapi manusia zalim pada diri sendiri sehingga kita dikasih banyak puasa sunah. Tujuannya mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa makan secukupnya dan menerapkan pola hidup sehat," kata dr Zaidul Akbar yang menggagas Jurus Sehat Rasulullah pada detikcom.


Porsi secukupnya memang bergantung pada tiap orang yang memiliki kebutuhan berbeda. Untuk mengukurnya, dr Zaidul mengingatkan perut harus dibagi rata untuk makanan, air, dan udara sehingga tiap porsinya tidak kurang dari sepertiga.

Untuk pemilihan makan, buah dan sayur tentunya tidak boleh ketinggalan. Buah dan sayur kaya kandungan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh. Konsumsi buah sayur secukupnya dan beragam memastikan kecukupan nutrisi harian.

"Ingat jangan makan berlebihan. Selain sakit, nantinya juga malas padahal kita dikasih sehat supaya selalu rajin ibadah," kata dr Zaidul.



Simak Video "Jalani Hidup Sehat dengan Iman ala Dokter Zaidul Akbar"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)