Kamis, 10 Okt 2019 06:35 WIB

Minum Kopi di Pagi Hari Bikin Dehidrasi? Ini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Minum kopi bisa picu dehidrasi? (Foto: iStock) Minum kopi bisa picu dehidrasi? (Foto: iStock)
Jakarta - Kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi orang diseluruh dunia. Sebagian orang seringkali menikmati minuman yang mengandung kafein ini untuk mengawali pagi harinya. Kopi juga disebut dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kinerja fisik seseorang.

Namun, banyak pendapat yang mengatakan terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Benarkah hal tersebut?

Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, kandungan kafein yang ada di dalam kopi hanya memiliki efek diuretrik ringan yang dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil.

Dikutip dari Times of India, efek diuretrik ini memaksa tubuh untuk mengeluarkan natrium dan air yang ada di dalamnya. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana kafein dapat mempengaruhi ginjal melalui mekanisme seperti menurunkan reabsorpsi natrium.


Saat minum kopi terlalu banyak, ginjal mengeluarkan kelebihan garam dari tubuh melalui urin dan menarik air dari darah, hingga membuat seseorang buang air kecil lebih sering dari biasanya. Tetapi, kondisi ini tidak umum di banyak orang. Efek diuretrik lebih sering terjadi pada orang yang jarang minum kopi dibandingkan yang rutin meminumnya.

Meskipun kopi membuat seseorang sering buang air kecil, tapi tidak akan memberikan efek dehidrasi pada tubuh. Hal ini tidak akan terjadi jika orang tersebut juga rutin mengkonsumsi air. Kopi ini justru membantu menyeimbangkan efek diuretrik dan membantu mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh melalui buang air kecil.

Tetapi perlu diingat, meskipun kopi tidak memiliki efek dehidrasi, tetap harus dikontrol takaran minumnya dalam sehari. Tiap hari hanya boleh minum kopi maksimal 2-3 cangkir. Jika mengkonsumsi terlalu banyak kafein, maka dapat menyebabkan permasalahan tubuh lainnya, seperti sakit kepala, mengalami kesulitan tidur, detak jantung lebih cepat, gemetar, dan masih banyak lagi.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)