Kamis, 10 Okt 2019 06:44 WIB

Round Up

Ashanty Mengidap Autoimun, Serangan dari Sistem Kekebalan Tubuh Sendiri

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ashanty mengaku mengidap autoimun (Foto: Palevi/detikHOT) Ashanty mengaku mengidap autoimun (Foto: Palevi/detikHOT)
Jakarta - Dalam sebuah unggahan di Instagram, penyanyi Ashanty menyebut dirinya mengidap penyakit autoimun. Berbagai keluhan seperti mudah cemas seperti dialaminya selama ini, menurutnya adalah salah satu gejalanya.

Dikutip dari Healthline, penyakit autoimun adalah kondisi yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh (imun) menyerang tubuh sendiri. Organ yang terdampak bisa sangat beragam, mulai dari persendian hingga otot.



Diperkirakan ada lebih dari 80 jenis penyakit autoimun. Lupus, psoriasis, rheumatoid arthitis, hingga multiple sclerosis, termasuk di antaranya. Ashanty tidak menyebut dengan detail termasuk jenis yang manakah penyakit autoimun yang diidapnya.

Tidak diketahui pasti kenapa sistem imun bisa menyerang tubuh sendiri. Yang pasti, sebuah penelitan tahun 2014 menyimpulkan bahwa perempuan 2 kali lebih rentan mengalaminya dibanding laki-laki.

Tidak ada pengobatan yang secara spesifik bisa menyembuhkan penyakit autoimun. Namun reaksi berlebihan dari sistem imun bisa dikontrol dengan obat-obatan.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(up/fds)